Resep Sop Buntut

0
153
Sop Buntut

Hangatkan kebersamaan kumpul keluarga dengan hangatnya sop buntut

Sop Buntut

“Selamat Hari Raya Idul Fitri. Minal aidin wal faidzin..”

Kita baru saja merayakan hari kemenangan seluruh umat Muslim, yaitu lebaran. Saat lebaran kita akan merayakannya dengan berkumpul dengan keluarga dan menyantap sajian khas lebaran, seperti opor ayam, rendang, sambel goreng ati, dan lainnya.

Makanan tersebut memang menjadi menu wajib saat lebaran. Terkadang, saat kita berkunjung ke rumah kerabat, menu yang tersaji pun tetap sama.

Bosan dengan makanan yang berlemak dan penuh santan? Mungkin Anda bisa mencoba resep yang satu ini, yaitu Resep Sop Buntut.

Sop buntut adalah salah satu menu makanan dari Indonesia yang populer dan identik dengan kehangatan masakan rumahan. Sajian yang menyegarkan ini paling enak disantap selagi hangat. Ingin mempraktekkan membuat Sop Buntut di rumah? Ikuti resep berikut ini. [teks @ratihwinanti | foto Kokiku TV]

Resep Sop Buntut

Bahan:
1 kg buntut sapi
5 siung bawang putih, rajang halus
5 siung bawang merah, rajang halus
1 butir pala, parut secukupnya
1,5 liter kaldu sapi
Kentang. potong kasar dengan ukuran yang sama
Wortel, potong kasar dengan ukuran yang sama
Garam
Merica bubuk

Cara Memasak:
1. Tumis rajangan bawang merah dan bawang putih hingga harum. Setelah itu, masukkan buntut sapi dan goreng hingga semua sisinya berubah warna menjadi kecoklatan. Tambahkan garam dan merica sesuai selera.
2. Setelah seluruh sisi buntut sudah berubah warna menjadi kecoklatan, masukkan kaldu sapi [sampai semua buntut terendam]. Masak selama 1,5 jam atau sampai daging buntut lunak.
3. Setelah daging lunak, masukkan potongan kentang dan wortel. Kemudian, tambahkan parutan biji pala secukupnya ke dalam kuah. Masak hingga matang.
4. Sop buntut pun siap disajikan.

SHARE