Rawat Kendaraan Usai Mudik Lebaran

0
193

Lakukan pemeriksaan pada semua bagian kendaraan

montirseksi

[dropcap style=’square’]K[/dropcap]etika kegiatan pulang kampung selesai, sekarang waktunya Anda memperhatikan kendaraan yang menemani Anda mudik. Jangan sampai performa mobil menurun saat akan dipakai pergi ke kantor.

Berikut Ghiboo merangkum beberapa cara agar kendaraan kembali fit seusai dipakai mudik lebaran. Ini tipnya:

Eskterior
Perjalanan jauh membuat mobil terlihat kusam dan kurang menarik. Hal yang paling utama dilakukan setelah libur lebaran ialah cuci mobil Anda. Ini bisa dilakukan sendiri atau bila badan masih terasa lelah bawa saja ke bengkel khusus cuci steam agar semua kotoran yang menempel bisa dibersihkan.

Bila ingin lebih detail sambangi salon mobil langganan. Pilihlah paket meliputi poles body mobil, menghilangkan jamur kaca, hingga pembersihan ruang mesin.

Mesin
Pertama periksa jumlah oli yang ada pada mesin kendaraan melalui dipstick oil yang ada di bagian mesin. Jika kurang tambahkan, atau kalau perlu ganti dengan oli baru untuk memastikan kualitas dan performa mesin tetap terjaga

Kedua periksa kondisi radiator, cek jumlah coolant pada radiator dan pada tangki cadangan. Jika saat mudik kemarin Anda menggunakan air biasa, segera ganti kembali dengan coolant yang seusai dengan spesifikasi kendaraan.

Ketiga periksa keregangan tali kipas dari kendaraan, perjalanan jauh dengan kondisi jalanan macet bisa mengubah kekencangan tali kipas.

Setelah ketiga kompartemen mesin, lakukan juga pengecekan kopling jika G-readers masih menggunakan mobil dengan transmisi manual, untuk transmisi otomatis bisa dilakukan dengan menyambangi bengkel langganan.

Interior
Jika mudik bersama keluarga, terlebih membawa serta sang buah hati, bisa jadi interior dipenuhi sisa makanan dan minuman bahkan hingga menimbulkan noda pada bagian jok dan karpet. Cuci dan sikat karpet interior, lalu gunakan vacum cleaner untuk menghisap debu maupun sisa makanan yang tumpah di dalam kabin.

Untuk jok standar dengan bahan fabric, Anda bisa membersihkan menggunakan sikat halus yang sebelumnya sudah dibubuhkan deterjen dan air. Sementara untuk bahan interior dari kulit, gunakan pembersih noda khusus bahan kulit.
Setelah semua bersih, gunakan pengharum ruangan khusus mobil agar menambah kenyamanan saat kembali digunakan untuk aktifitas harian.

Kaki-kaki
Selain bagian yang terlihat langsung oleh mata, bagian kaki-kaki mobil Anda juga perlu mendapat perhatian. Dongkrak kendaraan Anda, lalu perhatikan apakah ada kebocoran pada bagian shockbreaker mobil Anda. Jika sudah aman lalu beralih ke bagian roda, pastikan ban tidak goyang [oblak] saat Anda putar.

Selain ban dan shockbreaker, periksa dan pastikan kondisi rem berfungsi dengan normal. Jika ada kebocoran ataupun terasa berat saat ban diputar pertanda ada masalah dengan penahan laju kendaraan ini, maka lakukan perbaikan di bengkel langganan.

Itu tadi empat wilayah pada kendaraan yang harus tetap mendapat perhatian. Jika badan masih terasa lelah, cukup masukan mobil Anda ke bengkel resmi atau langganan. « [teks @boyMALI | foto ist]

SHARE