Chadwick Boseman Dihujani Pujian

0
72
james-brown
james-brown

Chadwick Boseman magnet dalam Get On Up

james-brown[dropcap style=’square’]B[/dropcap]aru tiga hari rilis di pasar global, film Get On Up telah mendapat banyak masukan dari para penontonnya. Film biografi drama musikal ini sukses mengangkat kisah nyata James Brown, seorang penyanyi yang berpengaruh di abad 20-an.

Chadwick Boseman yang berperan sebagai James Brown, berhasil memukau para penonton. Boseman dengan sangat apik mereplikasi kisah James Brown dalam film besutan Tate Taylor tersebut. Gerak-gerik di bawah dan di atas panggung, bisa ditiru Boseman dengan detil. Gaya berpakaian, gaya rambut hingga gaya bicara. Film ini layaknya sebuah uji kelayakan bagi seorang aktor papan atas.

Film ini menceritakan tentang perjalanan hidup penyanyi soul yang bernasib kurang beruntung di awal kehidupannya. Digambarkan bahwa James kecil hidup susah, dan ia tetap melalui hidup miskinnya demi sebuah perubahan yang besar.

Di film ini tak ada adegan yang tanggung, semua diperlihatkan secara apa adanya, seperti bagian-bagian bermusik dalam hidup Brown.

Dari sebuah mimpi bocah yang tinggal di gubuk kayu, semua impiannya terwujud bahkan lebih besar dari apa yang ia bayangkan, hingga ia mendapatkan julukan Godfather of Soul.

Boseman bagaikan magnet dalam film ini. Meski pada awalnya pria 38 tahun ini sempat ragu dan merasa tak ada cara yang dapat menghidupkan James Brown dalam dirinya. “Ketika pertama kali mendapat skrip, saya bahkan tak berniat membuka dan membacanya. Saya seperti merasa, tak ada cara yang bisa membuat saya menjadi Brown,” ujar Boseman dikutip dari CNN.

Namun nyatanya, Boseman lah yang berhasil menghidupkan kisah mengharu biru tersebut. Dengan pewatakan yang tepat, Boseman berhasil membawakan dirinya menjadi Brown, dalam rentang usia 16 hingga 60 tahunan. Betul-betul sebuah perjuangan besar.

Ternyata, bukan hal yang mudah untuk mengajak Boseman bergabung dalam penggarapan film ini. Bukan hanya keraguan gagal menduplikasi fisik Brown, namun karena Boseman juga keras kepala untuk menolak. Ia merasa sulit mencari jiwa-jiwa yang tak pernah ada di dirinya sebelumnya. Hasilnya, Taylor, sang sutradara butuh waktu dua bulan lamanya untuk mendapatkan persetujuan dari Boseman.

Sebelum bergabung dengan film Get On Up, Boseman juga telah berakting dalam sebuah biografi berjudul 42. Film tersebut mengisahkan perjuangan pemain baseball berdarah African-American, bernama Jackie Robinson. Film yang dirilis tahun 2013 itu telah mengangkat nama Boseman menjadi aktor yang mulai diperhitungkan.

Belum selesai dengan pujian-pujian atas aktingnya di Get On Up, nama Boseman kembali digosipkan untuk film selanjutnya. Ia digosipkan akan menjadi pemeran utama dalam film terbaru produksi Marvel, yang berjudul Black Panther.

Meski masih belum ada kejelasan, film yang katanya akan dirilis 2015 tersebut memang akan mengincar aktor berkulit hitam untuk peran utamanya. Boseman, disebut-sebut berada di urutan atas, bersaing dengan nama aktor lain seperti Gbenga Akinnagbe.

Dengan kesuksesannya, apakah Boseman akan berada di puncak karirnya? Meski belum tahu kebenarannya, dengan banyaknya pujian atas aktingnya, banyak yang bertaruh, nama Boseman akan muncul dalam ajang penghargaan tahunan Piala Oscar. Apakah Anda sependapat dengan mereka?« [teks @nandiyanti | foto getonupmovie.com]

 Sophia Muller

SHARE