Lima Festival Budaya di Agustus

0
134

Festival budaya Indonesia yang tidak boleh terlewatkan!

kerapan-sapi[dropcap style=’square’]I[/dropcap]ndonesia, kaya, indah, dan beragam. Sangat sayang jika pensiun dini sebagai seorang traveler. Never stop exploring, guys! Agustus ini akan ada lima festival budaya berbeda di tiap daerah. Mulai dari perayaan meletusnya Krakatau di Lampung Sumatera sampai ke pelosok Lembah Baliem di Papua untuk merayakan pesta adat di sana.

Kelima festival budaya itu merupakan agenda tahunan dari tiap daerah. Biasanya festival budaya yang seperti ini akan banyak diincar oleh turis maupun traveler. Ada baiknya jika tiket transportasi dan penginapan dipesan sejak dini. Sehingga biaya perjalanan bisa ditekan.

Ini kelima festival budaya tersebut:

Festival Danau Kelimutu
Where Desa Moni, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur [NTT]
When 11-14 Agustus 2014

Festival Danau Kelimutu digelar untuk mengenalkan keindahan danau tiga warna yang menakjubkan kepada traveler lokal dan dunia. Danau ini terletak di atas Gunung Kelimutu, ajaibnya warna danau selalu berubah dari waktu ke waktu tanpa bisa diprediksi. Kadang hitam, merah, atau putih.

Ketika festival ini berlangsung akan ada ritual Pati Ka Du’a Bapu Ata Mata sebagai perwujudan rasa syukur sekaligus doa demi kemakmuran hidup di tahun mendatang.

Pawai Seni Budaya Indonesia 2014
Where Monas
When 18 Agustus 2014

Pawai terbesar di Indonesia ini merupakan perayaan kemerdekaan Indonesia yang ke-69. Seluruh provinsi akan hadir untuk mempertunjukkan kekayaan ragam budaya Indonesia. Pawai ini akan berlangsung mulai pukul 10.00 sampai 16.45 WIB

Dieng Culture Festival 2014
Where Wonosobo, Jawa tengah
When 30-31 Agustus 2014

Festival yang telah tersohor sampai mancanegara ini digelar untuk kelima kalinya. Pada festival ini Dieng akan menunjukkan segala macam kebudayaan serta makanan dan minuman khasnya kepada wisatawan.

Yang paling ditunggu ialah momen ruwat rambut gimbal, yaitu pemotongan rambut anak gimbal yang menjadi primadona kawasan Dataran Tinggi itu.

Festival Krakatau
Where Bandar Lampung, Lampung
When 24-31 Agustus 2014

Festival ini diadakan untuk mengenang letusan dahsyat yang pernah Krakatau muntahkan pada 26-27 Agustus 1883. Letusan itu menjadi salah satu yang terdahsyat di muka bumi. Festival Krakatau akan mengadakan pameran, gelaran budaya, lomba olahraga, dan tur Gunung Krakatau.

Karapan Sapi
Where Pamekasan, Madura
When Agustus-September

Karapan sapi merupakan lomba tradisional yang sudah berlangsung sejak lama dan menjadi incaran banyak fotografer. Karapan ini memiliki daya magnet yang melihatnya menjadi terpikat. Karena ini bukan cuma sekadar lomba, tapi cara untuk bersyukur kepada yang Maha Kuasa. Maka, karapan ini selalu jatuh di penghujung Musim Panen.

Bayangkan dalam satu bulan ada lima perayaan festival budaya yang bertepatan dengan hari kemerdekaan. Pick one of them, take the camera, and enjoy it! « [teks @HaabibOnta | foto courtesy of thetact.wordpress.com]

Sophia Muller

SHARE