Jumlah Wisman Melebihi Target

0
86
Candi Arjuna, Dieng
Candi Arjuna, Dieng

Pengunjung terbanyak berasal dari Mesir

Candi Arjuna, Dieng
Candi Arjuna, Dieng

Upaya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif [Kemenparekraf] Republik Indonesia untuk meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara [wisman] mengunjungi negeri ini terbilang berhasil.

Hal itu terbukti dalam laporan yang dikeluarkan awal pekan ini di laman resminya. Disebutkan, dalam semester pertama tahun ini, jumlah wisman yang ke Indonesia mencapai angka 4,55 juta orang. Itu berarti angka pertumbuhannya 9,56 persen jika dibandingkan tahun lalu pada periode yang sama yaitu 4,15 juta orang.

“Ini berarti, angka pertumbuhan selama 6 bulan pertama tahun ini di atas target proyeksi tahunan sebesar 8 persen,” ucap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu. Sehingga target kunjungan wisman sebesar 9,3 juta hingga 9,5 juta diyakini dapat terlampaui.

Wisman terbanyak berasal dari Mesir [39,27 persen], Bahrain [26,83 persen], Prancis [20,5 persen], dan Australia [17,67 persen].

Bahkan perkiraan dari The World Travel & Tourism Council [WTTC] menunjukkan pertumbuhan jumlah wisman ke Indonesia lebih besar, yakni mencapai 14,2 persen, sedangkan untuk wisatawan Nusantara [winus] mencapai 6,3 persen. Sehingga Pariwisata Indonesia diperkirakan dapat berkontribusi pada sektor perekonomian nasional sebesar 8,1 persen.

Selain laporan tersebut, data yang diperoleh dari BPS dan Pusdatin Kemenparekraf ini juga memperlihatkan, dalam libur Lebaran lalu terjadi peningkatan jumlah pengunjung dari tahun lalu di beberapa tempat wisata. Seperti, Taman Wisata Candi Borobudur [H-3 hingga H+3] dikunjungi 155.456 wisatawan atau meningkat 5,9 persen.

Dan Taman Mini Indonesia Indah dikunjungi 75 ribu pengunjung pada H+2, yang merupakan jumlah pengunjung tertinggi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. « [teks & foto @bartno]

SHARE