Lukman: Dipinang atau Meminang?

0
92
Lukman Sardi
Lukman Sardi

Lukman Sardi dan profesinya sebagai aktor

Lukman SardiPria ini dikenal sebagai salah satu aktor terbaik yang pernah dimiliki Indonesia. Ia selalu berhasil menghidupkan karakter-karakter yang diperaninya. Puluhan judul film layar lebar sukses ia bintangi, dan kini orang kian mengenal dirinya sebagai Lukman Sardi.

Putra mendiang pemain biola Idris Sardi ini tak pernah menganggap remeh suatu peran, meski ia telah memainkan berbagai macam jenis tokoh. “Buat saya semua peran itu sulit,” ungkapnya ketika ditemui di pre-screening film terbarunya yang berjudul Negeri Tanpa Telinga.

Di film terbarunya ini, ia berperan sebagai Ustad Etawa, seorang petinggi negara yang juga sebagai pemimpin partai. Sebenarnya tokoh yang ia perankan ini ada di kehidupan nyata. Namun di film tersebut, tokoh Ustad Etawa dieksplorasi secara berbeda dibandingkan tokoh nyatanya.

”Di sini saya malah mencoba lari dari tokoh aslinya. Buat saya plot-nya saja yang sama seperti nyata, tapi apapun gerakan atau improvisasinya, bisa saya ciptakan sendiri,” ujarnya. Ustad Etawa menambah deretan tokoh yang bisa ia ‘taklukkan’ dengan baik. Meski ia telah mengeksplorasi tokoh tersebut, Anda pasti bisa mengenali tokoh siapa yang sedang ia perankan.

Setelah sukses dengan berbagai macam peran, Lukman diam-diam juga tengah menggarap sebuah film. Di film tersebut ia menduduki kursi sutradara. Meski masih dalam pembuatan, Lukman berencana akan merilis filmnya di akhir tahun ini. Dan film tersebut akan bertema tentang sejarah di Indonesia yang terjadi di rentang tahun 1998.

Dalam wawancara mengenai dunia film tersebut, Ghiboo berkesempatan menanyakan beberapa pertanyaan Diz or Dat seputar profesi Lukman sebagai seorang aktor. Berikut jawaban Lukman Sardi.

dalam soal film, lebih suka dipinang or meminang?
Wah, sebenarnya ini pertanyaan sulit. Tapi gue pilih dipilih. Karena itu berarti gue dipercaya bisa memerankan tokoh itu.

lebih dikenal sebagai lukman sardi or sukses sebagai tokoh di suatu film?
Hahaha, susah nih. ‘Gini deh, dikenal sebagai Lukman Sardi yang sukses di setiap peran-perannya.

men-direct or di-direct?
Buat saat ini: men-direct. Karena ini tantangan baru buat gue, untuk membuat sesuatu dari nol sampai jadi.

horror sex or comedy sex?
Hahaha komedi seks aja. Karena gue nggak suka horor. Bukan karena takut, tapi aduh, ngapain gue nonton film begini [tersenyum lebar].

menghayati baca skenario or puisi?
Waduh, sebenarnya itu dua hal yang berbeda, tapi sama-sama membutuhkan penghayatan. Dan membaca skenario sama seperti membaca puisi, sama-sama menyampaikan sesuatu. « [teks nandiyanti | foto @bagusdimsum]

SHARE