Pesohor Dunia seperti Marshanda

0
309

Marshanda didiagnosa menderita bipolar disorder

Marshanda[dropcap style=’square’]S[/dropcap]etelah heboh dengan kabar perceraiannya, Marshanda atau akrab disapa Caca kembali membuat geger berita hiburan tanah air karena video pribadinya yang diunggah melalui channel YouTube pribadinya. 

Dalam video berjudul Letter to God by Marshanda itu, menampilkan diri Marshanda yang membacakan puisi, tanpa mengenakan hijab. Video tersebut tentu saja menarik banyak perhatian para pemburu berita guna memintai klarifikasi karena Marshanda tak lagi berhijab.

Namun, saat berita video tersebut belum juga reda, Marshanda kembali membuat heboh. Melalui kuasa hukumnya, O.C Kaligis, menyampaikan bahwa Marshanda ”dipasung” oleh ibunda sendiri di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta.

Dalam sebuah wawancara dengan sebuah stasiun televisi swasta, Marshanda yang kala itu sudah dibebaskan, ditemani dengan O.C Kaligis menceritakan kejadian yang menimpanya itu.

Ia mengatakan dipaksa masuk rumah sakit oleh ibu dan keluarga, dan menetap hingga berhari-hari. ”Di sana mulai dari 26 Juli sampai 3 Agustus, delapan hari,” ujar Marshanda dalam wawancara tersebut.

Dalam wawancara tersebut Marshanda mengatakan salah satu alasan orantuanya melakukan hal tersebut karena tak bisa menerima keputusan yang dibuat oleh Caca. ”Keluarga sulit menerima kalau aku mau hidup mandiri,” kata perempuan yang akan berusia 25 tahun pada 10 Agustus mendatang.

Namun, di sisi lain, dokter keluarga Marshanda, dr Richard Budiman, Sp.KJ, mengatakan Caca didiagnosa menderita bipolar disorder. Secara singkat, bipolar disorder diartikan sebagai salah satu jenis penyakit psikologis yang berkaitan dengan perbahan perasaan dalam diri seseorang.

Seseorang yang menderita bipolar disorder memiliki perubahan perasaan [mood swings] yang ekstrem. Terkadang bisa sangat gembira dan antusias [mania], namun kemudian bisa berubah menjadi sangat buruk, pesimistis. Putus asa bahkan hingga terpikirkan bunuh diri [depresi] dalam kurun waktu singkat.

Apakah benar Caca menderita penyakit tersebut? Dan apakah Marshanda masih dapat melakukan segala aktifitasnya dan melanjutkan kariernya setelah didiagnosa menderita penyakit tersebut?

Ternyata di sekitar kita, penyakit ini kerap ditemukan. Bahkan, artis kelas dunia juga ada yang menderita jenis penyakit ini. Meski mereka telah didiagnosa menderita bipolar disorder, namun mereka semua masih bisa berkarya dan melawan penyakitnya. Siapa saja kah yang bernasib sama dengan Marshanda? → Berikutnya: Demi Lovato