Investasi Wisata di Belitung

0
177
Wisata di Belitung
Mercusuar di Pulau Lengkuas

Ini pulaunya Laskar Pelangi

Wisata di Belitung
Mercusuar di Pulau Lengkuas

‘Meledaknya’ novel karya Andrea Hirata Laskar Pelangi membuat latar dari cerita itu yakni Pulau Belitung, jadi primadona tujuan wisata baru.

Pulau yang diapit Selat Gaspar dan Selat Karimata ini memiliki daya tarik wisata di bidang bahari, budaya, alam, kuliner, dan sejarah.

Jumlah pelancong yang ingin wisata di Belitung kian hari terus meningkat. Menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Belitung, Jasagung Hariyadi dalam acara “Wow I Love Belitung” di Senayan City, Jakarta di akhir pekan lalu, kenaikannya dalam lima tahun belakangan [2008-2013] mencapai 411 persen. Yaitu dari sekitar 35 ribu pengunjung menjadi 120 ribuan pengunjung setiap tahunnya!

Saran Jasagung, bila Anda ingin mengunjungi Pulau Belitung, pastikan mendapat penginapan dan tiket pulangnya. “Karena full terus, dan saat ini baru ada 9 flight per hari yang menuju Belitung,” ujarnya.

Tambahnya, “Pemerintah Pusat telah membantu peningkatan fasilitas di sini. Totalnya mencapai 1,2 triliun rupiah hingga tahun ini. Sehingga hampir tidak ada jalan yang bolong.”

Direncanakan Pelabuhan Udara Buluh Tumbang yang berada di Tanjung Pandan sebagai ibukota Kabupaten Belitung, akan ditingkatkan menjadi pelabuhan udara bertingkat internasional. Juga, akan segera hadir Belitung Highland Resort yang berkonsep unik dan bertaraf internasional.

Selain itu, akan ada program terpadu setiap dua bulan sekali sejak Mei 2014. Yang bertujuan untuk mengangkat kekayaan dan keindahan Pulau Belitung. Event yang terdekat adalah Belitung Bike Festival yang akan diadakan tanggal 29-31 Agustus 2014 .

Karena itu, peluang investasi di pulau tempat mimpinya anak-anak Laskar Pelangi yang kini telah sukses, menjadi peluang besar bagi para investor wisata. Jadi, pulau mana lagi yang akan dibuatkan latar sebuah buku? « [teks @bartno | foto @disparekfraf.belitungkab.go.id]

SHARE