Snorkeling di Pulau Semak Daun

0
527

Pulau Semak Daun cuma seluas lapangan sepakbola

[dropcap style=’square’]B[/dropcap]erkemah di pulau-pulau kosong sekarang ini menjadi salah satu alternatif liburan bagi para petualang. Kegiatan ini terbilang tidak menguras begitu banyak tenaga ketimbang berkemah di atas gunung. Karena tidak perlu climbing atau hiking serta membawa tas carrier sebesar kulkas.

Tiga puluh menit ke arah Utara dari Pulau Pramuka, ada Pulau Semak Daun yang masih masuk ke dalam gugusan Kepulauan Seribu. Luas pulau ini hanya sebesar lapangan sepakbola. Tidak terlalu luas memang. Dan hanya dapat menampung 10-15 tenda saja. Lima tenda untuk bagian Timur pulau, tiga untuk bagian Barat, dan tujuh di bagian tengah.

Sesuai dengan namanya, daun rimbun memenuhi seantero pulau. Dan jika terlihat dari jauh mirip seperti sebuah semak-semak. Berkat daun-daun itu, hanya berkas cahaya saja yang berhasil menyentuh tanah. Sementara sengatnya matahari tidak mampu menembus dedaunan yang rimbun itu. Ini menjadi nilai lebih untuk Pulau Semak Daun karena suhu dalam tenda tidak menjadi amat panas meski berkemah di tepi pantai.

Kalau urusan pantai serta lautnya, juara! Karena siapapun bisa melihat kakinya berjalan di dasar perairan. Tanpa goggle [kacamata untuk snorkeling] ikan-ikan kecil berukuran tiga jari orang dewasa dapat terlihat saat berenang bebas. Para ojek kapal pun senantiasa mengantar wisatawan Pulau Pramuka untuk snorkeling di perairan Pulau Semak Daun. Luas perairan dangkal pulau ini bisa empat kali lebih luas dari daratannya dan bebas dari bulu babi. « [teks & foto @HaabibOnta]

semak daun 2 semak daun 3 semak daun 5 semak daun

SHARE