Cerita dari Dekade ’90

0
193
Dekade 90
Eric Cantona

Melihat kembali peristiwa di tahun 1990-an

Dekade 90
The ’90s: The Decade That Connected Us

[dropcap style=’square’]S[/dropcap]ejarah menjadi pengingat. Sejarah menjadi kenangan. Sejarah menjadi pembelajaran. Sejarah membuat kita lebih tangguh untuk bertahan dan memperbaiki diri.

Untuk mengenang kembali sejarah itu, terutama yang terjadi di dekade ’90, National Geographic Channel akan menayangkan The ’90s: The Decade That Connected Us, tayang setiap hari Minggu, mulai 10 Agustus 2014, pukul 21.00, selama Agustus

Seri dokumenter ini menyajikan 120 wawancara asli dari pahlawan tanpa tanda jasa di balik cerita pada dekade tersebut hingga tanggapan para selebriti dunia, seperti Ice Cube, Shannen Doherty, Vanilla Ice, dan Matthew Perry.

Kenangan cerita di era ’90 yang akan ditampilkan di antaranya adalah:

  • Pelepasan Nelson Mandela, pemimpin spiritual dari gerakan anti-apartheid di Afrika Selatan, setelah 27 tahun dipenjara dan pemilihan dirinya sebagai presiden kulit hitam pertama di Afrika Selatan
  • Perang saudara [Hutu dan Tutsi] di Rwanda, yang merenggut nyawa 800 ribu orang hanya dalam waktu enam bulan.
  • Penangkapan raja obat bius Kolombia, Pablo Escobar, yang menyebarluaskan narkotika dan menguasai 80 persen kokain dunia.
  • Industri musik yang mulai menawarkan sesuatu untuk semua orang, dari alternatif [Nirvana] ke rap gangsta [Tupac dan Notorious BIG].
  • The roller-coaster dari pemerintahan Clinton, dari janji-janji perubahan sampai skandal pribadi memalukan dan hampir tergelincir dari posisi kepresidenan.
  • Kenaikan tak terhindarkan Osama Bin Laden, dan latihan terornya yang akan mengakibatkan peristiwa-bumi berhenti dari 11 September 2001.
  • Kematian The Princess of Wales, Princess Diana, dan masih di tahun yang sama, 1997, wafatnya desainer kenamaan asal Italia, Gianni Versace.
  • Tragedi tenggelamnya MS Estonia, serta tabrakan pesawat El Al Boeing 747 dengan kompleks apartemen di Amsterdam.
  • Dari dunia olahraga akan mengenang mengenai kemenangan AC Milan [1993-1994], dan Prancis pada Piala Dunia [1998], serta tendangan kung fu Eric Cantona, dan lainnya dalam rangkuman The Greatest ’90s: Football Moments.

Tayangan ulang seri dokumenter ini hadir pada Minggu [17/08] pukul 12.25. Kemudian pada Minggu malamnya pukul 21.00 WIB, akan dilanjutkan seri kedua dari The ’90s: The Decade That Connected Us dari tiga seri yang akan ditayangkan di Agustus ini. « [teks @bartno | foto NatGeo]

Banner King Fisher

SHARE