Shaved Ice, Before The Summer’s Gone

0
251
bing bong

Catch the shaved ice before the summer’s gone!

[dropcap style=’square’]T[/dropcap]eriknya matahari masih belum mereda. Tandanya, musim panas masih betah “membakar” kulit para traveller yang tak kenal lelah menjelajahi setiap sisi dan setiap daerah baru yang mereka temui. Setelah lelah berjalan-jalan di bawah teriknya matahari, rasanya butuh sesuatu yang menyegarkan dahaga. Ghiboo akan berbagi tentang minuman ringan yang cocok untuk disantap selama musim panas berlangsung.

Di Indonesia, kita mengenalnya dengan nama es serut atau shaved ice. Dari namanya mungkin terdengar tidak menarik, karena makanan ini sangat mudah ditemui di jajanan ala kaki lima di Indonesia. Namun ternyata, di setiap negara, sajian yang satu ini punya nama yang berbeda dan tampilan yang berbeda-beda pula.

Mau tahu, seperti apa tampilan es serut di sekeliling Asia? Berikut lima jenis es serut yang bisa dicicipi, jika sedang berada di negara asal mereka.

Baobing
Es serut asal Taiwan

bing bong

Bagi yang sedang berjalan-jalan di Taiwan, bisa mencicipi es serut setempat. Pada awalnya, Baobing hanyalah sajian khas musim panas berupa es yang dihancurkan dan diberi perasa manis, seperti sirup tanpa warna. Kemudian, es serut ini diperkaya dengan menambahkan sirup berwarna.

Dan kini, dengan semakin berkembangnya kuliner di Taiwan, Baobing berubah menjadi salah satu sajian menarik. Es serut yang diwadahi mangkuk besar, ditambahkan dengan berbagai macam toping, dan toping buah-buahan adalah pilihan yang paling populer.

Bahkan kini, Baobing sudah berubah dari bentuk awalnya, karena tak lagi menggunakan sirup, namun menggunakan pemanis lain, seperti susu kental manis ataupun es krim yang dicampurkan pada es serut. → Berikutnya: Kakigori

1
2
3
4
5
SHARE