Patriot.Is.Me Daniel Mananta

0
157
daniel Mananta
daniel Mananta

Daniel Mananta di balik Damn I Love Indonesia Festival

Daniel 2Beberapa di antara kita mungkin sibuk menyiapkan sebuah pesta, menjelang hari ulang tahun. Namun pria yang dikenal dengan nama Daniel Mananta ini justru sibuk mengurusi mahakaryanya, yaitu Damn I Love Indonesia Festival

Itu sebuah festival konser musik yang dipadukan dengan acara fashion show bersama dengan sekolah mode, Esmod.

Karena terlalu fokus menyiapkan festival tersebut, Daniel bahkan lupa kalau pada 14 Agustus lalu adalah hari ulang tahunnya. Tidak ada pesta, tidak ada perayaan. Daniel justru ingat hari ulangtahunnya ketika ucapan mulai berdatangan lewat telepon genggamnya.

“Jujur gue lupa kalau gue ulangtahun, katanya. “Gue kapok ngadain acara pas ultah. Gue fokus banget ngurusin ini, sampai semalam pun nggak bisa tidur karena excited banget,” tutur Daniel dengan ekspresi riang.

Meski mengaku lupa dengan persiapan ulangtahun, Daniel menganggap festival ini adalah salah satu hadiah terbaik dalam hidupnya.

“Kalau seleb lain ada yang ke anak yatim piatu atau party. Ini ngadain acara di tv aja,” katanya sambil tertawa di depan teman-teman media yang sedang menanyakan perihal Damn I Love Indonesia Festival.

Menurutnya bisa mengadakan acara ini adalah sebuah kebanggaan, dan menjadi sebuah awal yang baik di usianya yang menginjak angka 33 tahun. “It’s going to be a good start di tahun ini, di umur ini,” ungkapnya.

Acara tersebut diadakan dalam rangka merayakan kemerdekaan Indonesia yang ke-69, dan disiarkan tunda pada 17 Agustus 2014 di RCTI. Saat ditemui, Daniel menceritakan kegembiraannya karena acara tersebut bisa terlaksana.

“Ini sebuah konser festival kemerdekaan diadakan pas 17 Agustus, gue seneng banget dan merasa ini sebuah berkah besar banget, karena gue bisa mengadakan acara ini yang berskala besar sekali, nasional. Mudah-mudahan ini bukan acara pertama dan terakhir, tapi bisa jadi acara wajib setiap 17 Agustus. Gue pengin banget nantinya generasi muda mikir, kira-kira tahun berikutnya apa lagi yang bakal diadain sama Damn I Love Indonesia ya?” kata Daniel Mananta dengan antusias.

Acara tersebut dibagi ke dalam empat segmen, dengan tiga segmen pertama merupakan fashion show dari karya-karya clothing line milik Daniel, Damn I Love Indonesia. Dan di Segmen empat merupakan fashion show dari karya dari desainer muda Indonesia yang menuntut ilmu di sekolah mode Esmod.

“Nah nanti di segmen empat ada fashion show di mana si model ini akan memerkan baju-baju dari luar negeri, misalkan ada dari Jepang, Tibet, Mesir atau ala Paris tapi semua itu dibuat dengan bahan tekstil Indonesia dan itu menggunakan kain kain khas daerah, kayak ada yang pake rotan, kain tenun, ulos dan macam-macam,” ujarnya.

Daniel merasa dengan diadakannya acara ini, salah satu mimpi terbesarnya telah terlaksana. Ini juga sebagai bentuk betapa cintanya ia kepada Indonesia. Sebagai salah satu perwujudan cinta Indonesia, karena itu juga ia juga mengusung tema Patriot.Is.Me dalam festivalnya itu.

“Selain musik dan fashion show ada pagelaran kreatif dari anak Indonesia. Akan ada break dance, terus akan ada pembacaan proklamasi bareng-bareng dan pembacaan narasi yang membangkitkan rasa patriotis di diri generasi muda untuk lebih mencintai budaya Indonesia. Tujuan acara ini memang agar setiap anak Indonesia yang nonton terinspirasi agar patrotik lagi. Itu juga kenapa tema kita Patriot.Is.Me,” kata pria berusia 33 tahun itu.

Damn I Love Indonesia Festival ini sudah dua kali diselenggarakan. Menurut Daniel, di acara yang pertama memang tidak berskala besar. Karena itu ia bersyukur tahun ini bisa berskala nasional, dan semoga bisa bertambah besar di setiap tahunnya. Pengaharapan itu tentu menggambarkan betapa antusiasnya Daniel dalam menggarap festival yang diramaikan oleh Andien, Kotak, RAN, dan beberapa artis ibu kota lainnya.

Acara tersebut terbilang sukses karena Daniel berhasil mengemas sebuah acara bukan hanya menyajikan musik namun juga pagelaran busana yang mencerminkan kecintaan pada Indonesia. Dan dalam acaranya itu, Daniel membuktikkan bahwa karya anak muda Indonesia patut diacungkan jempol dan berhak bersaing dengan anak muda di negara lainnya.

Ia berharap, dengan adanya acara ini dapat menumbuhkan kembali rasa cinta bangsa dan tanah air yang kian hari kian luntur di diri generasi muda Indonesia. « [teks @nandiyanti | foto @boyMALI]

SHARE