Buat Lagu: Jangan Ganggu Adera!

0
237
Adera

Adera butuh suasana tenang dan sunyi. Mengapa?

Adera

Adera Lantip Trengginas. Tapi cukup panggil dia, Adera. Lagunya berjudul “Lebih Indah” [10 Juli 2011] berhasil mencuri hati pendengar musik Indonesia. Video klipny di YouTube telah dilihat lebih dari 5,3 juta kali.

Single selanjutnya “Terlambat” [20 Februari 2012] juga mendapat sambutan meriah, disaksikan lebih dari 1,1 juta viewer YouTube. Dan yang ketiga lagu “Melewatkanmu” [20 November 2012] juga menyentuh angka di atas 1,1 juta penonton di YouTube.

Saat ditanya bagaimana caranya membuat lagu, hingga mendapat pendengar yang banyak itu, Adera yang kami temui seusai mengudara di i-Radio mengatakan: Gue butuh suasana tenang dalam membuat lagu. Maka akhirnya di rumah gue dikasih peredam suara. Jadi kalau misalnya lagi nulis atau lagi produksi ditutup semua. Terus ada lampu nyala ‘Jangan Ganggu’. Jadi benar-benar private gitu.”

Selain membutuhkan ruang yang tenang dan sunyi dalam membuat lagu, lirik dan nada yang dihasilkan Adera adalah hasil dari apa yang ia lihat dan alami.

“Inspirasi pasti dari pengalaman pribadi, dari sakit hati, dari jatuh cinta, lagi berbunga-bunga, lagi naksir sama orang, itu, biasanya inspirasinya dari situ.”

Lalu apa ya yang membuat semua lagunya melow? Ternyata pria single kelahiran 6 Januari 1986 ini sangat menyukai lagu romantis dan sedih. Karena itulah karya musiknya cenderung romantis.

Menurut Adera, lagu paling romantis bagi dirinya adalah, “Now and Forever”, Richard Marx. “Lagu ini rangkaian kata yang benar-benar dijadiin satu dan jadi bagus. Tapi intinya now and forever sekarang dan selamanya I will be your man. Ya aku akan jadi punya kamu dan aku akan selalu ada untuk kamu, itu romantis banget.”

Impiannya adalah, “Nanti suatu saat kalau misalkan gue nikah, gue pengin nyanyi itu ke calon istri gue.” « [teks @bartno | foto dok Adera]

Lagu favorit lainnya dari Adera adalah:
Lagu sedih
“One Last Cry” – Bryan McKnight,
“Tega” – Glenn Fredly

Film romantis
Unfaithful

Reality show Korea
Running Man
Room Mate

SHARE