Ice Bucket Challenge Goes Viral

0
133

Berani mencoba aksi Ice Bucket Challenge?

Lady Gaga

[dropcap style=’square’]K[/dropcap]etika menyadarkan dunia perlu menggunakan gebrakan yang tidak main-main, maka mereka telah membantu mewujudkannya. Itulah yang telah dilakukan beberapa artis di dunia, tidak hanya artis dari Hollywood, artis-artis Asia, seperti dari Korea Selatan dan China pun mulai melakukannya.

Mereka beraksi dalam sebuah kegiatan yang dinamai dengan Ice Bucket Challenge. Tentu saja sesuai dengan namanya, hal ini berkaitan dengan es. Di mana seseorang akan menumpahkan air dingin dan es dari sebuah wadah ke atas kepala mereka sendiri.

Tantangan ini sebenarnya mulai dikenal secara viral di musim panas tahun ini. Awalnya tantangan ini diadakan untuk mendukung sebuah organisasi bernama ALS Association, sebuah organisasi non profit berbasis di Amerika Serikat yang peduli dengan penyakit Myotrophic Lateral Sclerosi [ALS] atau yang juga dikenal dengan penyakit Lou Gehrig.

ALS merupakan penyakit degenerasi syaraf motorik yang progresif, atau dengan kata lain semakin lama ‘kan semakin memburuk. Penyakit ini menyerang saraf pada otot motorik atau pergerakan, mulai dari otak ke sumsum tulang belakang lalu ke otot, dan mengalami degenerasi atau penuaan. Akibatnya otot motorik tidak dapat menerima perintah otak dengan baik.

Penyakit ALS ditandai dengan melemahnya otot-otot pergerakan yang bekerja atas perintah otak. Tergantung otot mana yang terserang lebih dulu. Selain melemah, otot juga akan mengecil, sehingga bagian yang terserang juga akan ikut mengecil.

ALS Association dalam perkembangannya selain mengumpulkan dana untuk penderita penyakit ini juga ingin meningkatkan kepedulian masyarakat global akan adanya penyakit ini. Selain untuk peduli pada penderitanya, juga agar tetap menjaga hidup sehat agar terhindar dan berjaga-jaga dari penyakit tersebut.

Dimulai dari Amerika, kepedulian terahadap penyakit ini pun meluas secara global. Artis-artis papan atas yang peduli akan penyakit ini dan melakukan Ice Bucket Challenge juga menambah antusias banyak orang untuk mengenali penyakit ini lebih lanjut. Siapa saja yang ikut melakukan aksi tersebut?

1
2
3
4
5
SHARE