Lestari Memorial Park Menggelar Perayaan Chao Du

0
352
Upacara Chao Du

Upacara Chao Du

Perayaan Chao Du atau sembahyang penyeberangan arwah, sepertinya terdengar menyeramkan, bukan? Namun, G-Readers tidak perlu takut, karena perayaan ini justru diadakan untuk menghormati dan mendoakan arwah orang-orang yang telah mendahului kita.

Di beberapa negara, perayaan ini sering disebut dengan Hungry Ghost Festival, yang merupakan hari penebusan dosa bagi arwah yang tersesat di alam kematian palsu, agar dapat kembali ke alam bahagia.

Perayaan ini juga menjadi momen tersendiri untuk kita bisa mendoakan arwah orang-orang yang sudah tidak disembahyangi lagi oleh keluarganya. Tidak memiliki kerabat. Orang-orang yang mati sebelum waktunya. Meninggal dengan tidak tenang atau keadaan lain yang membuat arwah belum dapat direinkarnasi secara sempurna.

Upacara Chao Du

Arwah-arwah tersebut juga dipercaya sebagai arwah yang harus didoakan pada perayaan Chao Du agar bisa istirahat dengan tenang. Namun, untuk anak bayi yang meninggal sebelum terlahir di dunia, perayaan ini bertujuan untuk menjaga rohnya sempurna dan rohnya dapat terlahir dengan sempurna.

Pada perayaan Chao Du, ada beberapa kegiatan yang akan dilakukan. Setelah upacara selesai, pembakaran perahu dilakukan untuk para arwah melayari lautan penderitaan dan sampai pada pantai kebahagiaan. Dilakukan juga pelepasan makhluk hidup atau Fang Shen.

Fang Shen sendiri diartikan secara simbolik sebagai kegiatan yang dapat membantu semua makhluk agar dapat hidup lebih baik dan memperoleh karma yang lebih baik, serta penyalaan 10 ribu pelita dan persembahan 10 ribu cup air.

Upacara Chao DuJadi, memang perayaan ini mengajak kita untuk introspeksi diri, lebih bersyukur, berbelas kasih dan membalas budi para leluhur yang telah mendahului kita, serta menjadi kekuatan nyata kebajikan dan releksi dari bakti nyata kepada leluhur.

Perayaan Chao diadakan pada 24 Agustus 2014, bertempat di Lokasi Taman Makam Lestari MP yaitu yang bertempat di Karawang Barat KM 46.

Acara ini dipersembahkan oleh Lestari Memorial Park dan dipimpin oleh suhu Shi Jia Faci Fashi dari Mongolia.

Untuk info lebih lanjut tentang Lestari memorial Park, Anda dapat mengunjungi www.lestarimemorial.com atau telp ke 021 – 6230 1222. « [teks @retnangtyas | foto dok Lestari Memorial Park]

Upacara Chao Du 5

SHARE