Sendang Biru yang Tersembunyi

0
3887

Sendang Biru, keindahan di bagian selatan Kota Malang

sendang biru

Bila selama ini wisatawan ingin berkunjung ke Pulau Sempu untuk melihat keindahan Segara Anakan yang tersembunyi di dalamnya, akan lebih komplet lagi jika mengunjungi pantai yang satu ini. Lokasinya memang tersembunyi. Karena terhalangi Pulau Sempu, pantai ini dikenal dengan nama Sendang Biru.

Secara administratif, pantai ini berada di Desa Sumber Agung, Kecamatan Sumbermanjing, 30 kilometer bagian Selatan dari Kota Malang, Jawa Timur. Pantai yang berada di Samudera Hindia ini tidak berombak besar. Meski berada di pesisir Laut Selatan namun bentuknya sebagai selat sempit membuat ombak tertahan oleh Pulau Sempu yang berada di hadapannya.

Jika ingin menyeberang ke Pulau Sempu, sebenarnya Anda bisa sekaligus melihat pantai ini. Anda bisa melihat air di sekitar pantai yang jernih dan berwarna biru. Karena itu, pantai ini diberinama Sendang Biru, atau dalam Bahasa Jawa, berarti air yang berwarna biru.

Di pantai ini, selain pasir putih dan air yang biru, wisatawan juga bisa melihat kegiatan pelelangan ikan. Selain itu, di pantai ini juga menjadi tempat mendaratnya perahu para nelayan yang habis berburu ikan.

Dan bagi pengunjung yang ingin berkeliling pulau bisa menyewa perahu bermotor yang disediakan dengan harga sewa sekitar Rp 100 ribu. Karena airnya yang jernih, Anda bisa menikmati keindahan bawah laut di sekitar pantai dari atas perahu. Anda bisa melihat ikan-ikan kecil yang berenang di antara karang-karang Sendang Biru.

Kelebihan lain yang dimiliki pantai ini adalah masih melekatnya adat setempat yang mempengaruhi pengunjung pantai. Datanglah pada tanggal 7 dan 8 di setiap Syawal, maka Anda akan menyaksikan sebuah adat berupa pengambilan air tawar yang dinilai keramat oleh warga setempat. Setiap yang ingin menyeberangi laut harus menaati kepercayaan ini.

Sejauh ini pengelolaan pantai cantik satu ini resmi dikelola perusahaan milik negara. Karena itu, bagi yang ingin bermalam di sini tak perlu kuatir karena telah tersedia penginapan, rumah jaga, ataupun guest house. Saat ini juga sudah banyak agen travel yang menawarkan paket perjalanan wisata komplet ke Pulau Sempu dan Pantai Sendang Biru.

Bagi yang belum puas, bisa langsung melancong ke tempat wisata lainnya, karena lokasi pantai ini tidak jauh dari Pantai Ngliyep, Pantai Gua China, dan Pantai Kondang Merak. « [teks @nandiyanti | foto berbagai sumber]

SHARE