Tip Foto Underwater Lola Amaria

0
442
Lola Amaria
Lola Amaria

Lola Amaria memberi tip memotret keindahan bawah laut

Lola maria Diving2[dropcap style=’square’]M[/dropcap]enyelam dan menikmati keindahan alam bawah laut hanya menggunakan mata telanjang ternyata tak memuaskan Lola Amaria. Dia pun mengabadikan momen-momen serta karya dari ciptaan Sang Maha Kuasa dalam sebuah frame gambar.

“Aku memang suka motret di mana-mana. Di darat maupun di dalam laut. Bedanya, kalau motret di darat, nggak repot sama peralatan selam dan kita masih bisa ngatur objek yang kita foto,” katanya.

“Kalau di laut, apalagi di dalam air, kita harus siap selalu untuk mengambil gambar. Kita juga harus pikirin keselamatan diri serta alat yang dibawa,” Lola menambahkan.

Lola  yang kini banyak berkutat di industri film lokal tanah air mengaku mempelajari sendiri berbagai macam teknik photography underwater. Hal ini dilakukan berbarengan dengan hobi diving yang sudah digeluti hampir lima tahun.

“Menyelam sudah lima tahun. Punya tiga license diving dan belajar motret underwater-nya itu otodidak beberapa bulan doang sembari latihan. Alat-alat udah punya sendiri tapi belum kayak fotografer profesional untuk majalah ‘gitu,” lanjut perempuan kelahiran 30 Juli 1977 ini.

Meski mengaku belum terlalu profesional, namun penyuka makanan pedas ini sedang mempersiapkan materi foto untuk dipamerkan nantinya. “Aku sih sekarang lagi milih-milihin foto aja, ya siapa tau besok atau lusa bisa ikut pameran, hehehe,” tuturnya.

Mendengar ceritanya itu, Ghiboo pun meminta pemilik rumah produksi Lola Amaria Production ini untuk berbagi lima tip sederhana bagi para pemula yang ingin mengabadikan keindahan bawah laut sembari menyelam.

Lola Amaria Diving1

G1Kesehatan fisik
“Sebelum menyelam atau belajar motret dalam air harus pastiin dulu ke dokter kalau kita tuh sehat. Kalau bisa kita juga olahraga teratur biar badan tetap fit. Jadi tetap safety pas udah mulai nyelam dan mulai foto-foto di dalam air.”

G2Peralatan sesuai prosedur
“Peralatan menyelam yang digunakan harus sesuai prosedur keselamatan. Jangan main asal nyelam terus jepret gambar. Pastiin juga alat untuk motretnya memang mumpuni untuk ngambil gambar di laut.”

G3Hindari celana pendek
“Untuk pemula, sebisa mungkin hindari celana pendek. Kenapa? Karena kalau pakai celana pendek dan tidak sengaja ada kulit yang tergores lalu berdarah akan memancing ikan hiu untuk nyamperin kita. Hiu sensitif banget sama bau darah!”

G4
Jangan panik
“Apapun yang terjadi dalam air, jangan panik. Ingat dan ikuti arahan dari instrukturnya. Panik di dalam air itu bisa jadi malapetaka. Tetap tenang, dan nikmati keindahan dalam laut.”

G5Jangan merusak
“Biasanya pemula itu excited banget pas pertama kali nyelam dan foto-foto. Tapi aku ngeliatnya tuh agak kesal, karena bintang laut diambil buat foto terus terus batu-batu koralnya juga. Sebisa mungkin jangan merusak biota laut. Mereka ‘kan makhluk hidup juga. Kalau mereka dirusak, terus kita mau motret apalagi di bawah air? Pokoknya jangan merusak biota laut!”

Nah G-Readers, itu lima tip untuk para pemula yang ingin mengabadikan keindahan bawah laut dalam sebuah foto. Selamat mencoba. « [teks @boyMALI | foto Instagram Lola Amaria | kover @bagusdimsum ]

SHARE