Yang Harus Diperhatikan Orangtua

0
386
Ilustrasi ibu dan anak

Beberapa tip agar anak punya prilaku baik

Ilustrasi ibu dan anak

[dropcap style=’square’]S[/dropcap]ebagai orangtua, Anda adalah sumber utama pendidikan anak. Tumbuh kembang anak semua tergantung dari bagaimana orangtua mengajarkan sesuatu yang baik kepada mereka. Tidaklah mudah bagi orangtua untuk melindungi anak dari sikap buruk yang Anda miliki.

Sebagian besar anak mencontoh perilaku yang dilakukan orangtua mereka. “Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya,” begitu peribahasa yang menggambarkan hubungan orangtua dengan anak.

Sedih rasanya jika melihat anak-anak di bawah umur sudah berani melawan orangtua. Entah dari mana mereka dapat belajar bersikap serta berkata kasar. Keluarga serta peran orangtua merupakan cara terbaik anak untuk melatih karakter mereka.

Kadang kala orangtua meluapkan masalah pribadi mereka kepada anak-anak. Memperlakukan anak-anak dengan tidak wajar dapat merusak kehidupan mereka ke depannya.

Anak-anak sangat membutuhkan perhatian kedua orangtua. Ibu merupakan orang pertama yang sangat penting bagi seorang anak. Kadang kala, anak-anak suka sekali mencuri perhatian kedua orangtuanya. Namun sayangnya cara mereka mencuri perhatian justru membuat kedua orangtuanya kesal.

Sementara di satu sisi tidak dipungkiri bahwa sikap anak merupakan contoh dari lingkungan sekitar mereka termasuk orangtua. Supaya anak punya prilaku bagus, perhatikan hal-hak berikut ini:

kindergarten-classroom-clipart 1Quality Time Bersama
Quality time merupakan momen ketika Anda dan anak bersama-sama dalam satu hari. Berikan waktu Anda kepada anak. Mengajak bermain anak merupakan hal yang mereka inginkan.

Buatlah diri Anda seakan-akan teman bahkan sahabat bagi anak. Hal ini tidak terlalu sulit untuk Anda lakukan. Mengurangi sifat egois terhadap kehidupan pribadi Anda, merupakan cara terbaik untuk mengerti apa yang diinginkan seorang anak.

Apabila Anda seorang pekerja, berikan waktu setidaknya satu sampai dua jam untuk anak Anda selepas pulang kerja. Melepas lelah dengan anak adalah hal yang patut dilakukan.

Dengan quality time ini, Anda bisa memahami apa keinginan anak. Selain itu Anda juga bisa mengetahui perkembangan bahkan kehidupan pribadi seorang anak. Anak-anak juga sama seperti orangtua. Mereka membutuhkan teman untuk berbagi akan keluh kesah mereka.

kindergarten-classroom-clipart 2Jangan Berkata Kasar
Kini banyak sekali anak-anak yang suka berkata sedikit kasar. Jika diperhatikan hal tersebut tercipta dari lingkungan sekitar mereka. Sudah waktunya untuk orangtua melindungi anak dari sikap ini.

Kadang kala ketika orangtua merasa kesal, mereka luapkan kata-kata kasar. Tanpa sadar di dekat mereka ada anak mereka yang sedang memperhatikan. Secara tidak langsung, anak merespon.

Memang tidak dipraktekkan anak pada saat itu juga. Namun, sikap buruk tersebut akan dicontoh anak di lingkungan luar mereka. Maka dari itu, jangan pernah berkata kasar baik ada anak ataupun tidak ada anak-anak.

kindergarten-classroom-clipart 3Menjaga Intonasi Bicara
Hal ini masih dalam konteks kekerasan pada anak. Kekerasan bukan hanya pada fisik. Orangtua harus bisa melatih kesabaran mereka. Kekesalan akan anak membuat orangtua menjadi hilang kendali. Secara tidak sadar, orangtua akan memarahi anak mereka.

Berkata kasar, mencubit, bahkan berbicara dengan intonasi yang tinggi adalah sikap yang harus Anda hindari sebagai orangtua. Semakin Anda sering memarahi anak, semakin timbul rasa trauma pada diri anak.

Cobalah untuk berbicara secara baik-baik kepada anak tentang kesalahan yang mereka perbuat. Bicaralah dengan tegas bukan dengan intonasi yang tinggi.

kindergarten-classroom-clipart 4Hindari Mengungkit Kesalahan
Memang sudah menjadi kewajiban utama orangtua untuk sabar menghadapi anak. Kadang kala anak-anak suka  berbuat kesalahan. Tapi, jangan jadikan kesalahan mereka sebagai sesuatu yang dibesarkan. Cukup sekali saja Anda memberitahu bahwa anak Anda pernah melakukan kesalahan tersebut.

Mengungkit kesalahan yang pernah dilakukan anak justru membuat mereka merasa bersalah. Anak akan takut melakukan segala sesuatu. Tingkat kreativitas anak akan menurun apabila salah sedikit saja akan terus diungkit sepanjang hidupnya.

kindergarten-classroom-clipart 5Kurangi Campur Tangan Asisten Rumahtangga
“Mbak, tolong itu si adik minta diambilkan ice cream,” teriak seorang ibu yang sedang asyik dengan gadget-nya. Lagi-lagi, kehadiran seorang ibu sangat diinginkan oleh anak. Hal-hal kecil seperti ini dapat menyebabkan anak bertingkah di luar batas.

Tingkah mereka adalah cara mereka memperoleh perhatian orangtua. Jangan salahkan anak jika sewaktu-waktu ia lebih mendengarkan nasihat orang lain daripada Anda sebagai orang tuanya. Jika Anda mempunyai waktu banyak untuk anak, mengapa tidak dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Memandikan anak, membuatkan bekal, bahkan mengambil ice cream di dalam lemari pendingin saja dapat membuat anak Anda menghargai kehadiran orangtua mereka. « [teks @shintriamylnia | foto shutterstock.com]

SHARE