Cross Culture Festival 2014 di Surabaya

0
327

 Cross Culture Festival, destinasi kebudayaan Surabaya

Tari-Remo

Sudah pernah berkeliling Surabaya? Kalau belum, Anda tak boleh melewatkan destinasi wisata di Surabaya seperti Kebun Binatang Surabaya, Wisata Hutan Mangrove, Tugu Pahlawan, ataupun Monumen Kapal Selam. Tempat-tempat tersebut, biasanya akan dipenuhi wisatawan di musim-musim liburan sekolah atau libur besar nasional lainnya.

Namun, di luar berkunjung ke tempat-tempat tersebut, Surabaya juga menawarkan tujuan wisata lainnya. Setiap tahun, Pemerintah Kota Surabaya menggelar sebuah festival bertajuk Cross Culture Festival [CCF], dan tahun ini akan digelar pada 28 hingga 30 Agustus 2014.

Tahun ini, CCF akan diutamakan digelar di Gedung Balai Budaya Surabaya dan G-Walk Citra Raya Surabaya. Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari itu akan menampilkan berbagai macam atraksi seni. Bukan hanya yang berasal dari Surabaya namun juga tempat lain seperti Sumatera Barat, Sulawesi Tengah, Bangka Belitung, Sulawesi Selatan, Aceh, dan juga Jawa Tengah.

Sesuai namanya, Cross Culture, maka dalam festival ini juga menampilkan berbagai atraksi yang bukan berasal dari Indonesia. Misalkan saja atraksi khas negara Singapura, India, Tiongkok, dan Korea Selatan juga akan mewarnai festival kebudayaan ini.

Dan seperti tahun-tahun sebelumnya, dalam rangkaian festival ini juga akan digelar Festival Yosokai, sebagai bentuk hubungan baik antara Surabaya, Indonesia dengan Kochi, Jepang. Festival ini menampilkan tarian khas Jepang dan diikuti ratusan penari dengan pakaian dan gerakan khas Jepang.

yosakoi-festival-181009-0011

Selain tarian tersebut, juga diadakan pegelaran Tari ngRemo sebuah tarian khas Jawa Timur. Baik Yosokai dan Remo sama-sama diadakan di Taman Surya Surabaya dan selalu mendapat sorotan yang ramai di tiap tahunnya.

Bagi yang ingin menikmati keindahan Surabaya dari sisi yang berbeda bisa menikmati festival ini sebagai alternatif liburan. Selain refreshing, dengan festival ini juga dapat menambah pengetahuan Anda tentang berbagai macam atraksi kebudayaan, bukan hanya dari Indonesia namun juga dari negara-negara di luar Indonesia.

Biasanya festival ini diselenggarakan di pertengahan tahun. Jadi jika Anda tidak sempat hadir di tahun ini, bisa bersiap-siap datang ke festival tersebut di pertengahan tahun berikutnya. « [teks @nandiyanti | foto berbagai sumber]

SHARE