Indonesia Maharddhika Resmi Rilis

0
114

Indonesia Maharddhika album kompilasi progresif

The MiracleIndonesia Maharddhika resmi rilis Kamis, 21 Agustus lalu di Galeri Indonesia Kaya. Ini merupakan album kompilasi progresif yang berisi 10 lagu. Masing-masing lagu mengusung konsep yang berbeda-beda tergantung tiap band. Serta dianggap bisa mewakili pelbagai elemen generasi.

Ada sekitar 18 musikus yang ikut terlibat mengerjakan Indonesia Maharddhika. Ke-18 musikus itu terdiri atas musikus lawas dan musikus kini. Major juga indie. Sebut saja Keenan Nasution, Discus, dan Andi /rif.

Bayangkan, tiga musisi yang berbeda latar belakang berkumpul menjadi satu. Itulah Indonesia Maharddhika. Melalui tangan dingin Bens Leo sebagai Project Director lahirlah album ini. 

Nama Indonesia Maharddhika diambil dari track pertama di album Guruh Gypsy [1976] karya Guruh Soekarno Putra dan Roni Harahap. Album itu sendiri merupakan ‘bensin’ yang menyulut pergerakan genre rock progresif tanah air. Mengemas musik modern dan musik etnik menjadi seusatu yang segar dan beda. Harmonis serta mengerang.

Itu pula yang coba disuguhkan oleh Indonesia Maharddhika yang 18 musisi itu lakukan. Menyodorkan nuansa keindonesian yang kental serta beragam. Mereka adalah Cockpit, The Miracle, The KadriJimmo, Once, Addie MS, Discus, Van Java, Imanissimo, Andy /rif , Vantasma, Atmosfera, In Memoriam, Iwan Hasan feat. Rick Wakeman, Keenan Nasution, Marcell & Indra Lesmana.

Andy /rif berujar jika ia langsung menerima ajakan membuat Indonesia Maharddhika tanpa perlu pikir panjang, karena merasa album itu akan menjadi karya yang kaya dan inovatif. Menurutnya, ada kebanggaan sendiri bisa menjadi bagian Indonesia Maharddhika.

“Album ini juga menggambarkan betapa kayanya Indonesia akan manusia-manusia kreatif dalam bermusik yang mampu menunjukkan rasa cinta Indonesia dengan cara mereka sendiri,” terang Andy /rif. « [teks: @HaabibOnta | foto: Image Dynamic]

SHARE