Lelang Kopi Spesialti Indonesia

0
342
Kopi
Kopi

Langkah memperkenalkan kopi spesial Indonesia

Kopi

Specialty Coffee Association of Indonesia [SCAI] atau asosiasi kopi spesial Indonesia, mengadakan sebuah program bertajuk Lelang Kopi Spesialti Indonesia [LKSI] pada Oktober 2014 di Jakarta.

Program ini menjadi yang ketiga kalinya akan dilakukan setelah yang pertama diadakan di Bali pada 2010. Program kedua diselenggarakan pada 2012 di Surabaya.

Ketua LKSI 2014 Irvan Helmi menyebut bahwa program yang ketiga ini mendapat antusiasme yang luar biasa dari para petani kopi dari berbagai daerah.

“Tahun ini luar biasa, dua tahun lalu persertanya hanya ada 66 sampel kopi, sekarang sudah masuk 144 sampel kopi dan para juri yang bersertifikat sedang menyaring hingga hanya akan tersisa 30 sampel kopi dari berbagai daerah yang mengikuti program lelang,” ungkapnya saat ditemui di salah satu Hotel di kawasan Ragunan Jakarta Selatan.

Lalu keuntungan apa yang akan didapat ketika mengikuti lelang kopi ini? Irvan yang juga pemilik dari Anomali Coffee ini menyebut bahwa yang pasti jenis kopi Indonesia akan semakin banyak dikenal dan ini akan membantu memperbaiki harga kopi.

“Kopi kita makin banyak dikenal, terutama daerah-daerah yang sebelumnya tidak terkenal dengan kualitas kopi. Ini akan menguntungkan petani hingga penjual dan juga konsumen penikmati kopi. Ambil contoh Manggarai, Flores, dan Lombok, nanti saat lelang orang akan tahu bahwa daerah ini juga memiliki kopi berkualitas, tak melulu aceh dan Toraja,” lanjutnya.

Di akhir perbincangan, Irvan menjamin kalau penjurian sebelum masuk tahap lelang dilakukan oleh para Q Grader dan R Grader bersertifikat untuk mendapatkan 30 jenis sampel kopi. Lelang kopi ini hanya dilakukan dalam jumlah yang terbatas yakni minimum 600 kilogram dan maksimum 1,5 ton

Nah untuk G-readers penikmat kopi  atau mungkin ingin mengetahui ragam jenis kopi asli Indonesia bisa melihat acara lelang yang akan dilaksanakan pada 8-10 Oktober 2014 di JIE Expo Kemayoran, Jakarta. « [teks @boyMALI | foto freeimages.com]

SHARE