Empat Gitaris yang Disegani Jikun

0
745
jikun
jikun

Salah satunya, kata Jikun, adalah Ian Antono

Jikun rifAdji Pamungkas alias Jikun adalah pria yang bertugas meramu nada untuk /rif. Peran yang diembannya sebagai gitaris untuk band rock asal Bandung itu hingga kini tak tergantikan. Memulai kiprah di tahun 1997 di industri musik tanah air, Jikun sekarang sudah menjadi satu dari ikon ’90-an yang masih bersinar.

Selain bersama /rif, Jikun juga mendirikan band lain yang masih berada dalam koridor rock. Tapi dengan nuansa yang amat jauh berbeda. Jikunsprain, namanya.

Di band kedua, Jikun menyalurkan gaya bermain yang jauh berbeda dengan apa yang ia lakukan di /rif. Jikunsprain, kental dengan rock n’ roll dan instrumental rock.

Bagaimana pun, Jikun dan rock semacam campuran antara Jack Daniels dan madu. Manis dan memabukkan. Memulai bermain gitar sejak kelas dua SMP, permainan ayah satu anak ini terinfluensi band-band legendaris. Semisal Led Zeppelin, Judas Priest, dan The Beatles.

Yeah, bayangkan yang ada dalam benak seorang anak SMP bukan pelajaran rumus matematika atau pelajaran biologi. Tetapi bagaimana cara memainkan lagu “Stairway to Heaven”.

Tumbuh di antara nama besar sekelas Jimmy Page dan Ian Hill, tak membuat Jikun menjadi western minded. Ada beberapa nama gitaris tanah air yang juga ia hormati. Hal itu ia ungkapkan setelah menyudahi konferensi pers di Hotel Century beberapa waktu lalu.

Berikut ini adalah empat orang gitaris Indonesia yang dihormati Jikun /rif:

G1Ian Antono
Gitaris God Bless ini adalah nama yang paling pertama terucap dari mulut Jikun. “Ketika saya masih SMA, pertama kali dengerin God Bless, edan lah,” katanya dengan logat Sunda kental. Pernah ada kesempatan keduanya memainkan lagu “Rumah Kita” di Palembang. Katanya, “Entah kenapa, saat mengomposisikannya bareng, gue kayak ngeliat diri gue sendiri. Ibarat bercermin!”

G2Eet Sjahrani
“Ian Antono dan Eet, itu dua nama gitaris yang gue segani,” ujar Jikun tegas. Ian dan Eet pernah ada di band yang sama. Tapi kini tidak. Ian tetap dengan God Bless. Sementara Eet berdiri di bawah panji EdanE.

jon paul ivanG3John Paul Ivan [JPI]
“Kalau ngomong teman gitaris, gue punya banyak,” terang Jikun. Lalu dia menyebut satu nama: John Paul Ivan alias JPI. Eks-gitaris Boomerang itu juga menjadi gitaris yang ia segani.

Berkat pertemanan antara keduanya, ada yang berubah dari diri Jikun. “Gara-gara John Paul Ivan, sekarang gue pakai Gibson. Dulunya, padahal gue pakai Musicman.”

G4Baron
“Kami temenan sejak kuliah, terus nge-band bareng-bareng,” ungkap pria asal Bandung itu. “Mungkin bukan mengubah pola main, tapi lebih memberi banyak masukan,” tutupnya. « [teks @HaabibOnta | foto @ghiboo]

SHARE