Penghasil Kopi Baru di Indonesia

0
397

Berikut tiga daerah baru yang menghasilkan kopi

Biji kopi‘Coffee should be black as hell, strong as death, and as sweet as love’. 

Ungkapan ini mungkin bisa mewakili citarasa kopi dari berbagai daerah di  Indonesia.  Ngopi [begitu aktivitas ini disebut] bukan lagi tentang menikmati secangkir minuman warna hitam hasil olahan dari biji tanaman,  kini menjadi salah satu identitas budaya yang banyak dilakukan di negara kita.

Kopi Aceh, Toraja, dan Lampung mungkin sudah jamak disebut sebagai penghasil kopi berkualitas baik yang bahkan mendunia. Namun kini tidak hanya daerah tersebut saja yang menghasilkan citarasa kopi berkualitas.

Kenyataannya, beragam jenis kopi bermunculan dari berbagai daerah mulai dari ujung Barat hingga ujur Timur Nusantara. Ghiboo merangkum tiga daerah baru di Indonesia yang menghasilkan bahan minuman berwarna hitam pekat ini.

Bagi Anda pecinta kopi mungkin jenis baru ini bisa memberi citarasa lain saat menyeruput secangkir kopi.

C1Kopi Yelow Catura
Asal  Manggarai, Flores, Nusa Tenggara Timur [NTT]
Produsen  Asosiasi Petani Kopi Manggarai Raya [ASNIKOM]
Deskripsi  Pohon kopi ini berusia 24 tahun dan ditanam pada ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut. Untuk mengumpulkannya, para petani harus berjalan kaki sejauh 10 kilometer. Bagi para pecinta kopi, diyakini akan menemukan sensasi rasa dan aroma yang berbeda saat menyeruput kopi ini.

C2Kopi Padang Solok
Asal  Tanjuang nan Ampek, Solok, Sumatera Barat
Produsen  Kelompok Tani Solok Radjo Kopi
Deskripsi  Untuk mencari tahu asal usulnya, para pecinta kopi harus menempuh perjalanan selama 4 jam dari kota Padang. Adi Alfadrianyah disebut sebagai petani pertama yang memperkenalkan jenis ini kepada pelaku industri kopi di Jakarta. Saat ini, kopi Padang Solok memasuki masa panen kelima.

C3Kopi Lombok
Asal  Lombok, Nusa Tenggara Barat [NTB]
Produsen  Kelompok Tani Sembalun Lombok Kopi
Deskripsi  Pada ketinggian 1.500 meter di Gunung Rinjani, Lombok, merupakan tempat tumbuh dan berkembangnya tanaman kopi ini. Tahun ini menjadi tahun pertama panen jenis kopi Lombok, citarasa dan aromanya yang khas diyakini membuat jenis kopi ini dapat bersaing merebut hati pencinta kopi.

G-Readers, itu tadi tiga jenis kopi baru asli Indonesia yang dapat menjadi andalan. Bagi Anda yang penasaran, dapat melihat langsung dan mencium aromanya saat acara lelang kopi berlangsung di JIE Expo pada 8-10 Oktober mendatang. « [teks @boyMALI | foto dan kover freeimages.com]

SHARE