Cahaya di Deepavali 2014 Singapura

0
281

Lampu-lampu dalam festival Deepavali 2014deepavali 1

Jalan-jalan ke Singapura tidak ada salahnya sekalian melakukan wisata budaya. Salah satu pilihannya adalah mengenal budaya India di Singapura. Sebagai kelompok etnis terbesar ketiga di Singapura, etnis India mencakup 9.2 persen dari semua penduduknya.

Menariknya, Singapura saat ini memiliki populasi etnis India terbesar dibandingkan dengan kota-kota lain. Sebagian besar etnis India bermigrasi setelah 1819, kemudian mulai menetap sepenuhnya di pertengahan abad ke-20.

Pada awalnya imigran India tersebut terdiri dari pekerja, tentara, dan narapidana. Namun kini, etnis India telah bercampur dengan multi etnis yang menetap di Singapura. Lebih dari lima puluh persen penduduk India di Singapura terdiri dari keturunan suku Tamil. Sedangkan kelompok lainnya terdiri dari suku Malayalee, Punjabi, Sindhi, dan Gujarati.

Untuk melihat keindahan budaya India yang terjaga di Singapura bisa langsung Anda saksikan dengan berkunjung ke Little India. Sebuah tempat yang menyajikan pemandangan dan aura kental India, berada di sudut Serangoon Road.

Di tempat itu juga Anda bisa sekaligus menyaksikan beberapa festival kebudayaan yang biasa dilakukan. Salah satunya adalah Deepavali. Secara harfiah, Deepavali berarti barisan cahaya, dirayakan oleh umat Hindu di seluruh dunia dan merupakan festival terpenting dalam agama Hindu.

Di Singapura, Festival of Lights, sebagaimana perayaan itu disebut, jatuh pada triwulan terakhir setiap tahunnya dan merupakan hari libur nasional. Dan di tahun ini festival Deepavali 2014 akan dimulai pada akhir September hingga November. Lalu seperti apakah perayaan festival Deepavali?

Jika ditelusuri lebih lanjut, perayaan Deepavali adalah perayaan kemenangan kebaikan atas kejahatan, dan cahaya yang mengatasi kegelapan. Walaupun terdapat banyak legenda yang menginspirasi festival ini, kisah yang umum diceritakan adalah tentang Narakasura yang mendapatkan kebaikan hati Dewa dan dianugerahi sebuah kerajaan.

Ia memerintah kerajaannya dengan tirani, sehingga rakyatnya memohon kepada Dewa Sri Krishna, sang penguasa agung Madura, untuk menolong. Narakasura kemudian terbunuh oleh Dewa Krishna dalam pertempuran dan dalam perjalanan kembali Dewa Krishna, kota tersebut diselimuti dengan kegelapan karena pada saat itu adalah malam bulan baru.

Untuk merayakan kemenangan dan menyambut Dewa Krishna, orang-orang menyalakan lampu, dan sampai hari ini, umat Hindu mengenang kemenangan Dewa Krishna atas Raja Narakasura dengan menyalakan lampu minyak.

Yap, jika Anda hendak menyaksikan festival ini, bayangkan saja cahaya dari lampu-lampu yang menyala menerangi setiap sudut di Little India. Pakaian baru dikenakan umat selama Deepavali dan saling berbagi permen dan makanan ringan. Beberapa komunitas India juga memulai tahun anggarannya pada saat Deepavali untuk alasan keberuntungan. Cara tradisional untuk merayakan Deepavali di Singapura adalah dengan mengecat tangan Anda dengan henna.

Mewarnai tangan dengan henna adalah hal lain yang menarik dalam festival ini. Henna merupakan tanaman bunga yang digunakan untuk mewarnai kulit, rambut, kuku, dan bahkan bahan kulit dan wol. Tato temporer ini seringkali dilakukan secara gratis oleh seniman setempat.

Selama Deepavali, jalur jalan di Little India dihias dengan dekorasi dan diterangi dengan warna-warni yang semarak, yang mengubah penampilannya dengan luapan lampu-lampu dan gapura yang penuh warna semarak. Bazar meriah dan berbagai kegiatan budaya seperti Indian Heritage and Craft Exhibition, Street Parade, Countdown Concert juga diselenggarakan.

Berbagai gerai meriah dihias dengan pernak-pernik seperti bunga-bunga wangi, rangkaian bunga yang digunakan untuk berdoa, lampu minyak tradisional, dan kain Sari yang indah dengan pola brokat yang teliti serta permata yang berkilauan. Pakaian khas India yang penuh warna, perhiasan kostum yang cantik, serta seni dan kerajinan tangan tradisional juga akan dijual. Makanan India juga bisa didapati secara mudah di kawasan ini dalam masa tersebut.

Tips yang paling sederhana untuk menikmati festival ini yaitu, duduklah di salah satu kedai kopi di sepanjang Little India dan pesanlah teh tarik [teh susu berbusa] khas India. Amati sementara orang ramai yang memenuhi jalanan dan kedai-kedai ramai dengan usahanya. Saksikanlah tempat yang kaya bersejarah ini terlihat terang dan menyala-nyala, berubah ke dalam perayaan Deepavali. « [teks @nandiyanti | foto berbagai sumber]