Kenes, Antara Belanda dan Jerman

0
178

Perjalanan tak terduga Kenes di Belanda

Kenes Andari

Bepergian ke luar negeri tidak melulu meninggalkan kesan yang menyenangkan. Kenes Andari dan suaminya, Winky Wiryawan, pernah mengalami kejadian unik dan tak terduga saat melakukan perjalanan ke Belanda sekitar dua tahun lalu.

Bukan kejadian yang menyedihkan, namun menjadi salah satu yang tak terlupakan bagi pasangan yang sudah menikah sejak tahun 2004.

Ketika itu, mereka baru saja tiba di Bandara Internasional Schiphol, Amsterdam. Di sana mereka telah membuat janji dengan seorang teman yang menunggu di Amsterdam Centraal.

Tak lama setelah tiba, mereka pun bergegas menuju stasiun kereta di sana, sesuai dengan arahan sang teman. ”Orang peronnya bilang iya [ke Amsterdam Centraal]. Oke berarti benar dan kita naik,” kata Kenes sambil mengingat kembali perjalanannya itu.

Setelah beberapa lama berada di dalam kereta, Kenes mulai merasa janggal. ”Kok nggak sampe-sampe nih?” ungkapnya. Kecurigaan Kenes bertambah ketika ia melihat penumpang di sekitarnya terlihat sangat santai, seolah mereka masih sangat jauh dari tujuan. Padahal menurut teman Kenes, jarak dari bandara ke Amsterdam Centraal tidak sampai satu jam lamanya.

”Lihat jam ternyata udah lebih dari satu jam, nggak nyampe nyampe. Temanku bilang salah kereta kali. Tapi aku sama suami masih yakin karena tadi orangnya bilang iya ke Amsterdam Centraal. Tapi orang di gerbong kita santai banget, malah pake kutek. Kan kayaknya nggak mungkin dikit lagi sampe,” ujarnya.

Selain karena penumpang yang terlihat santai, Kenes juga mulai menyadari perubahan pemandangan dari jendela kereta yang dinaikinya. ”Kita mulai semakin curiga karena awalnya tuh dari jendela pemandangannya kota-kota tapi jadi sawah perkebunan,” ujarnya.

Akhirnya, Kenes dan Wingky mencoba bertanya kepada sesama penumpang di kereta itu. Dan hasilnya sangat tidak terduga. ”Orangnya bilang ’oh nggak, ini keretanya mau ke Jerman. Pantes dia santai banget, haha,” kata Kenes sambil tertawa. Mereka sama sekali tidak menyangka kalau kereta tersebut antar negara. ”Kalau nggak turun-turun, nyampe deh tu di Jerman. Hahaha,” katanya.

Akhirnya Kenes dan suami turun di stasiun terdekat. Sialnya, stasiun yang mereka singgahi sudah berada di desa pinggiran Belanda. Stasiun kecil dan juga sepi. Karena sudah berada di desa, maka mereka pun harus bersabar menunggu kereta yang membawa mereka kembali ke kota. ”Harus nunggu sekitar setengah jam,” tambahnya.

Meski sudah sering bepergian, bukan berarti seseorang terhindar dari nyasar. Meski harus bolak-balik dan berputar-putar di Belanda, Kenes dan Winky tetap menikmati perjalanan mereka dan mengingat peristiwa itu sebagai kenangan-kenangan unik dari negeri kincir angin yang terkenal itu. « [teks @nandiyanti | foto @bagusdimsum]

SHARE