Combi Hope Women’s Empowerment

0
263
Michael Wanandi, Ukke R. Kosasih dan Ichwan Thoha

Combi Hope merupakan Kegiatan CSR Combiphar

Michael Wanandi, Ukke R. Kosasih dan Ichwan Thoha
Michael Wanandi, Ukke R. Kosasih, dan Ichwan Thoha

Combiphar, perusahaan healthcare terkemuka, memperkenalkan COMBI HOPE Women’s Empowerment. Ini adalah sebuah program pionir untuk mengembangkan pemberdayaan perempuan Indonesia secara berkelanjutan. Perkenalan digelar di Rumah Circa HandMade, Bandung, beberapa waktu lalu. Program ini merupakan bagian dari COMBI HOPE yaitu program tanggungjawab sosial Combiphar untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan masyarakat Indonesia melalui dua pilar yakni pendidikan dan pemberdayaan [Education & Empowerment].

Combi Hope Women’s Empowerment mendukung perkembangan perempuan-perempuan Indonesia dengan cara membangun kepercayaan dirinya, meningkatkan kemampuan,keterampilan, memberdayakan potensi dan perekonomiannya secara maksimal, serta memperkuat posisinya di dalam tatanan kehidupan keluarga dan masyarakat.

Combiphar bersama Circa HandMade bekerjasama sebagai upaya pembekalan dan pemberdayaan bagi para pengrajin Circa yang berasal dari Cihanjuang-Bandung melalui program “Recycle, Recreate & Re-Inspire”, mendaur ulang seragam Combiphar menjadi karya-karya cantik yang dibuat langsung oleh tangan para pengrajin binaan Circa, sekaligus menjadi solusi inovatif bagi pelestarian lingkungan.

Circa HandMade adalah unit usaha kerajinan yang mendedikasikan kegiatan usahanya untukpemberdayaan komunitas, terutama perempuan. Berdiri sejak tahun 2006, melalui komunitas pengrajin perempuan berjumlah sekitar 25 orang, Circa HandMade menghasilkan karya-karya menawan melalui prinsip-prinsip kerja yaitu ketekunan, penghargaan pada diri dan keinginan untuk maju.

Melalui kerjasama jangka panjang ini, COMBI HOPE Women’s Empowerment memberi pembekalan hard skills dan soft skills dari para volunteer karyawan Combiphar serta pakar dan profesional di bidangnya secara berkala kepada para pengrajin Circa agar mereka dapat mengembangkan diri dan menunjang perekonomian keluarga.

Dampak Perubahan
COMBI HOPE Women’s Empowerment dirancang untuk menjadi misi sosial berkelanjutan yang mampu memberikan dampak perubahan bagi masyarakat luas. “Caranya, kami ingin melibatkan karyawan Combiphar serta para profesional dalam bidangnya melalui program pengembangan komunitas yang edukatif dan inspiratif,” demikian kata CEO Combiphar Michael Wanandi. “Program ini juga memberi solusi yang inovatif terhadap pelestarian lingkungan dengan mendaur ulang seragam karyawan Combiphar.”

Dampak perubahan yang diharapkan tak hanya dilihat dari keterampilan para pengrajin, tetapi juga peningkatan kepercayaan diri pada potensinya serta posisinya dalam tatanan kehidupan keluarga dan masyarakat. Seperti yang disampaikan founder Circa HandMade, Ukke R. Kosasih, “Kami berupaya untuk membina dan menginspirasi para pengrajin untuk melakukan sebuah perubahan yang positif setiap harinya. Dengan mengajak mereka untuk terampil dan kreatif membuat kerajinan tangan, mereka akan terpacu untuk belajar bersama, berbagi manfaat, dan pada akhirnya memiliki kualitas hidup yang lebih baik.”

Ukke juga berpendapat bahwa program ini berpotensi untuk bergulir ke komunitas yang lebih besar, “Karena diawali dengan upaya kita bersama untuk ‘menambah daya’ para pengrajin Circa, diharapkan mereka akan menularkan kemampuan ke perempuan-perempuan lainnya. Ini penting, karena kita ingin menyiptakan agen-agen perubahan.”. Selain mendapat edukasi dan inspirasi secara berkala dari berbagai bidang seperti kesehatan, pemasaran, dan pengelolaan keuangan dari para karyawan volunteer, Combiphar juga berkolaborasi dengan para pakar dan profesional di bidangnya sebagai upaya untuk mengembangkan program ini secara berkelanjutan.

Perancang busana Ichwan Thoha yang ikut serta menjadi fasilitator mengungkapkan dukungannya, untuk mengembangkan potensi di industri kreatif, dibutuhkan kepercayaan diri, bekal ilmu, serta ketekunan. Semuanya dirangkum dengan lengkap oleh Combiphar melalui program COMBI HOPE Women’s Empowerment. Saya tentunya senang dapat berbagi pengalaman dan ilmu dengan para pengrajin Circa HandMade ini dan menjadi bagian dari upaya pemberdayaan perempuan.”

Kedua program COMBI HOPE baik itu program pendidikan dan pemberdayaan akan terus berlanjut dan berkembang sebagai manifesto komitmen Combiphar untuk memelopori hari esok yang lebih sehat. « [teks & foto[email protected]]

SHARE