Lagu Daerah Memukau Dunia

0
324

Ragam lagu dari daerah di Indonesia berhasil jadi juara

The Archipelago singers

Indonesia dijuluki Zamrud Khatulistiwa, tempatnya beragam budaya dan banyak rupa keindahan alamnya. Musiknya mengundang rindu dan kagum akan keanekaragamannya, seperti lagu “Soleram”, “Tak Tong Tong”, dan “Ampar-Ampar Pisang” yang berhasil menyabet gelar juara di kompetisi dunia.

Tiga lagu daerah tersebut, “Soleram” [Riau], “Tak Tong Tong” [Sumatera Barat], dan “Ampar-Ampar Pisang” [Kalimantan Selatan], mengantarkan paduan suara asal Indonesia berjaya di kancah internasional.

Adalah The Archipelago Singers yang menjadi juara pertama dalam kategori Paduan Suara Campuran [Mixed Choir] di Cantonigros International Music Festival yang ke-32, di kota Vic, Spanyol, pada Juli lalu.

Kompetisi ini merupakan ajang bergengsi yang diikuti 16 negara yang bersaing di ranah seni budaya dan pariwisata.

“Banyak hal positif yang bisa didapatkan oleh negara kita dengan menjuarai kompetisi internasional semacam ini. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya peserta dari negara lain yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai kebudayaan Indonesia selama keikutsertaan The Archipelago Singers pada kompetisi di Spanyol tersebut,” ujar Darmawan pimpinan The Archipelago Singers, lewat siaran pers-nya.

Lebih dari itu, lagu “Soleram” juga diaransemen ulang oleh komposer kenamaan asal Spanyol Josu Elberdin yang berkolaborasi dengan komposer dunia asal Indonesia, Ivan Yohan, sehingga menjadi sesuatu yang baru dan indah. Juga dari kolaborasi itu tercipta karya berjudul “Negros Fantasmas” yang liriknya diambil dari puisi karya penyair ternama Spanyol, Gustavo Adolfo Becquer.

Dari lagu-lagu daerah yang dibawakan The Archipelago Singers, mereka juga berhasil mendapatkan penghargaan Generalitat de Catalunya Award, yang menjadikan mereka sebagai paduan suara Indonesia pertama yang berhasil meraih Juara Pertama sepanjang 32 tahun sejarah penyelenggaraan kompetisi tersebut.

Pada perjalanan mereka ke Spanyol itu, mereka juga mengikuti International Choir Competition for Habaneras and Polyphony yang ke-60 di Torrevieja. Mereka pun berhasil meraih Juara 1 dalam kategori Polifoni dan penghargaan khusus Fransisco Vallejos untuk kategori Interprestasi Lagu Habaneras Terbaik.

Ke depannya, The Archipelago Singers berencana mengadakan konser di Jakarta pada Juli 2015, dan kembali melakukan tur kompetisi internasionalnya lagi.

About The Archipelago Singers
The Archipelago Singers adalah salah satu paduan suara Indonesia dengan kualitas internasional yang didirikan pada tahun 2008 oleh sekelompok orang yang memiliki minat dan kekaguman yang besar pada musik paduan suara. Nama The Archipelago Singers dipilih untuk menggambarkan Indonesia sebagai negara kepulauan [archipelago] terbesar di dunia dengan beragam suku bangsa, adat istiadat, agama, dan kepercayaan. « [teks @bartno | foto The Archipelago Singers]

SHARE