Album Symphonic Tales of Indonesia Diluncurkan

0
241

Lagu daerah Indonesia rasa barat yang juga didendangkan Tompi

SYMPHONIC TALES OF INDONESIA (2)eSaat ini lagu daerah dan lagu anak-anak di Indonesia sudah jarang terdengar. Bahkan di sekolah pun mereka tidak diajarkan lagu-lagu daerah. Padahal lagu daerah adalah salah satu kekayaan budaya yang dimiliki Indonesia.

Anak-anak, sekarang ini, sudah kehilangan identitas mereka sebagai bangsa Indonesia karena besarnya efek dari globalisasi . Karena itu, Tjut Nyak Deviana Daudsjah, seorang profesor musik klasik, merasa terdorong untuk membuat sebuah album yang berjudul Symphonic Tales of Indonesia.

Album tersebut berisi 10 lagu daerah yang diaransemen ulang dan dinyanyikan Tompi dari Trio Lestari dalam bentuk musik klasik orkestra. Lagu-lagu itu antara lain “Ayo Mama”, “Angin Mamiri”, “Papaya Cha Cha”, “Jembatan Merah”, sampai “Yamka Rambe Yamko.”

Album ini menjadi unik karena diiringi musik orkestra Orchester Der Kulturen Germany. Proses pembuatan album dilaksanakan di Jerman, 3 hari latihan, dan rekaman selama 2 hari, jadi cukup express dalam pembuatannya.

“Sudah lama saya ingin membuat album ini karena saya prihatin dengan musik daerah yang semakin langka terdengar. Album ini saya buat sebagai wujud cinta saya terhadap budaya Indonesia,” ujar Devi sapaan akrab untuk Tjut Nyak Deviana Dausjah.

Tompi sebagai penyanyi yang berpartisipasi mengatakan, “Saya sudah lama kenal Bu Devi dan saya salah satu orang yang terus mendorong Bu Devi untuk menggarap album ini. Karena anak Indonesia butuh album ini dan kami berbicara dengan Pak Gita wirjawan untuk membantu kami dalam menggarap album ini.”

Pemerhati budaya, Gita Wirjawan, memutuskan untuk membantu Bu Devi dan Tompi karena beliau ingin menyadarkan orang Indonesia bahwa kita memiliki kekayaan budaya yang banyak dan salah satunya adalah musik.

Misi dari dibuatnya album ini adalah agar anak Indonesia kembali mendengarkan lagu daerah yang dikemas ulang dengan sentuhan musik barat, jadi anak-anak dapat berpikir “Oh ternyata lagu daerah bisa dibuat keren juga loh, musiknya barat lagunya daerah, keren!” ujar Glenn Fredly, salah satu pemandu acara peluncuran album ini di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia, Jakarta.

Peluncuran album ini juga dihadiri penyanyi Sandhy Sondoro, Renitasari Adrian, dan Titiek Puspa. « [teks @fakhranarana | foto dok Image Dynamic]

SHARE