Monty Tiwa Buat Film Bernafas Islam

0
311

Angkat isu ta’aruf Monty Tiwa merasa tertantang

monty tiwaMonty Tiwa merilis lagi film barunya berjudul Aku, Kau dan KUA. Film ini adalah karya kelima belasnya sebagai seorang sutradara. Tapi Aku, Kau dan KUA adalah film yang berbeda dari yang pernah ia besut selama tujuh tahun terakhir di industri perfilman tanah air.

Menjadi ‘baik-baik’, setidaknya itulah yang ia rasakan untuk film ini. Karena Aku, Kau dan KUA adalah film pertamanya yang bernafaskan islami.

Diangkat dari sebuah novel dengan judul sama, film ini bercerita mengenai ta’aruf – tata cara perkenalan sebelum menikah dalam agama Islam. Berbeda sekali dengan film besutan pertamanya Maaf, Saya Menghamili Istri Anda atau XL [Xtra Large]. Tapi bukan Monty jika melupakan unsur humor segar untuk film garapannya.

Meski berkisah seputar petunjuk agama, film ini masih bisa ditertawakan dengan lelucon yang jenaka. Dan tidak sama sekali mengandung unsur seronok.

Aku, Kau dan KUA mengisahkan tentang enam sekawan dengan latar belakang dunia berbeda. Tapi memiliki problem yang sama: cinta. Hal yang kebanyakan dialami oleh setiap remaja. Mendapati cerita majemuk seperti ini sang sutradara berbadan besar itu mengaku menerima tantangan dari Chand Parwez selaku produser.

“Di sinisaya coba menjaga unsur keseharian. Maka itu saya tidak menggunakn angle shot yang ekstrim seperti ketika membuat film horor. Nggak mungkin di film ini saya pakai low angle yang diambilnya dari bawah sekali,” terang pria lulusan universitas texas ini.

Angle-angle yang terkesan biasa itu menjadi pilihan supaya film yang ia garap bisa terkesan real. Karena, menurutnya, menghadirkan cerita yang majemuk agar bisa diterima publik itu lumayan sulit. Perlu usaha agar bisa menghasilkan tontonan yang apik ungkapnya. Apalagi isu yang diangkat adalah sesuatu yang tidak lumrah untuk dilakukan sekarang ini.

“Saya berharap film ini menjadi tontonan yang menarik dan memberikan edukasi untuk para penonton remaja kita,” ujar Monty Tiwa.

Monty Tiwa menggarap film bernafaskan Islami ini selama bulan puasa. Ia memadukan aktor-aktris baru dengan mereka yang sudah senior. Seperti Eriska Rein, Deva Mahenra, Adipati Dolken, Dwi Sasono, Tio Pakusadewo, dan Widi.  

Film ini mulai tayang di bioskop sejak 11 September 2014. « [teks & foto @HaabibOnta]

SHARE