Ananda Sukarlan Gelar Resital Pianonya

0
130

Ananda Sukarlan akan bawakan Rapsodia Nusantara di tanah air

ananda sukarlanPianis sekaligus komponis Ananda Sukarlan akan menggelar resital pianonya di tanah air.

Acara bertajuk “Rapsodia Nusantara” ini akan jadi ajang bagi pianis kaliber internasional ini mempertunjukkan rhapsodia yang ia ciptakan pada khalayak lokal.

Resital ini akan dihelat 20 September mendatang di Titan Center, Tangerang. 

Ananda Sukarlan sudah mencipta 13 nomor Rapsodia dengan masing-masing nomor yang menceritakan tentang nusantara. Karya-karya itu lahir dari kecintaannya akan khasanah budaya tanah air, maka rapsodia hasil ciptaannya berdasarkan pada melodi lagu-lagu rakyat Indonesia.

Pada resital nanti ia akan memainkan satu lagu variasi dari Ismail Marzuki berjudul “Rayuan Pulau Kelapa”.

“Biasanya itu saya akan berinteraksi dengan penonton dengan cara menebak-nebak lagu yang akan saya mainkan. Atau mereka me-request-nya secara langsung,” terangnya saat ditanyai tentang track list rapsodia yang akan dibawakan nanti.

Sebagai pria yang dijuluki ‘One’s of the world leading pianist’ oleh Sydney Morning Herald, Ananda Sukarlan juga akan membawakan sebuah karya klasik komponis Rusia. Karya itu milik Rimksy Korsakov berjudul “Variation on the theme B-A-C-H”.

Masterpiece ini sempat tersohor di tahun 1878, tapi kemudian menghilang begitu saja dan menjadi legenda. Tahun 1979 manuskrip berisi notasi “Variation on the theme B-A-C-H” kembali ditemukan di antara tumpukan kertas milik Rimsky. Tapi sejauh ini, karya itu belum dimainkan di luar Eropa.

Dan untuk pertama kalinya, Ananda Sukarlan akan memainkan notasi legenda itu di Indonesia. Resital piano pria yang menetap di Spanyol ini ‘kan berlangsung selama dua jam penuh. Awalnya, resital ini akan dibuka oleh pertunjukkan dari Voice of Indonesia, Jessica Sudarta, Lisa Gracia, dan B. Mus. Setelah itu, giliran jemari Ananda Sukarlan yang memainkan tuts pianonya.

Untuk tiket, pihak penyelenggara membaginya ke dalam tiga kelas: Silver, Gold, dan Platinum. Harga tiket untuk kelas Silver dibanderol, Rp 300 ribu. Sedangkan kelas Gold seharga Rp 500 ribu dan Rp 1 juta untuk kelas Platinum. « [teks dan foto[email protected]]

SHARE