Rossa antara Bisnis dan Nyanyi

0
259

Rossa tidak mau memilih antara bisnis dan sebagai penyanyi

Rossa1

Sri Rossa Roslaina Handiyani memang memilih berprofesi sebagai penyanyi. Namun semangatnya menjalani bisnis bisa jadi seperti ungkapan Albert Einsten “Everything should be made as simple as possible but not simpler

Perempuan ini akrab disapa Rossa, atau orang biasa menyapanya dengan sebutan Teh Rossa [Panggilan untuk kaka perempuan dalam bahasa Sunda]. Nama Rossa mulai tersohor sejak lagu andalannya “Nada Nada Cinta” dan “Meskipun Cinta” hadir pada awal 1996.

Semenjak itu, dia pun mengukuhkan dirinya sebagai penyanyi perempuan Indonesia dengan berbagai karyanya. Namun perempuan kelahiran Sumedang, 9 Oktober 1978 sadar dan paham betul tak selamanya bisa aktif bekerja di dunia entertaiment, karenanya dia kian serius menggeluti bisnis family karaoke miliknya.

“Saya sekarang ini kegiatannya promo album, show [nyanyi], juga ngurus bisnis family karaoke. Alhamdulillah saat ini sudah ada kurang lebih 40 outlet di seluruh Indonesia,” ceritanya saat menyempatkan diri mampir ke kantor redaksi Ghiboo beberapa waktu lalu.

Pemilik akun Twitter @mynameisrossa ini memulai usaha yang diberi label Diva Family Karaoke sejak empat tahun lalu [2011]. Dengan mengandalkan konsep franchise, dia mengakui awalnya hanya ingin membuka usaha karaoke yang bisa dinikmati semua usia khususnya ibu-ibu.

“Awalnya karena ingin ngasih tempat hiburan untuk keluarga, khususnya ibu-ibu. Makanya terpikir kenapa nggak tempat karaoke aja yah, kan dulu dianggapnya agak negatif, makanya saya buat yang fun dan bisa untuk semua kalangan. Desainnya juga dibuat terang bukan remang-remang, banyak cermin dan hiasan-hiasan sehingga bisa untuk photo-photo, pokoknya untuk keluarga,” ceritanya dengan logat sunda yang kental.

Saat Ghiboo bertanya lebih jauh kepadanya, “Kenapa harus tempat karaoke, kenapa nggak studio latihan vokal?” Ibu dari Rizky Langit Ramadan [7] menjelaskan sebenarnya sempat terbesit untuk membuka les vokal. Namun dengan berbagai pertimbangan dan sulitnya mencari orang berpengalaman di bidang usaha tersebut ia pun menggantungkan niatnya.

Mantan Istri dari Surendro Prasetyo [Yoyo ‘PAdi’] ini pun mengakui kalau usahanya tak selamanya berjalan mulus, selalu dibarengi dengan cerita suka maupun duka.

“Selama 4 tahun ini banyak suka maupun dukanya. Dukanya adalah saat harus berhadapan dengan banyak orang mengenai masalah hak cipta, perizinan, persaingan usaha juga dan itu tak mudah. Sukanya adalah usaha ini berjalan sebagaimana mestinya dan alhamdulillah diterima masyarakat sampai sekarang bisa ada 40 outlet,” ungkapnya.

Saat Ghiboo ‘Menantang’ Rossa untuk memilih antara menyanyi atau menekuni bisnisnya, prempuan dengan tubuh mungil ini mengatakan tidak bisa memilih salah satu. “Yah saya nggak bisa milih salah satu, dua-duanya saya suka dan akan saya tekuni. Dari kecil biasa mandiri dan menghasilkan uang sendiri, zaman kuliah udah mulai jualan. Misalnya dulu tuh jualan baju dan keuntungannnya lumayan, buat nambah-nambah jajan dan tabungan,” katanya dengan tersenyum.

Di akhir obrolan, dengan sedikit wajah sedikit serius, Rossa menegaskan kalau ada masalah yang berkaiatan dengan bisnisnya akan selalu diselesaikan dengan baik. Dia tak mau sampai ‘kecolongan‘ seperti teman-teman dengan jenis usaha yang sama.

“Bisnis ini memang berhubungan dengan banyak pihak, baik orang maupun institusi. Kalau ada masalah yang berkaiatan dengan perizinan ataupun masalah lainnya, ya harus diselesaikan dengan baik sampai tuntas.” «[teks @boyMALI | foto[email protected]]

SHARE