Musim Terdingin Dataran Tinggi Dieng

0
238

Menikmati dinginnya Dataran Tinggi Dieng selama tiga hari dua malam

Hanya memiliki waktu liburan yang singkat? Tak perlu kuatir, karena selalu bisa diatasi. Juga tak usah bingung menentukan tujuan. Pun tak butuh jauh-jauh juga untuk memilih destinasi libutan yang menggiurkan.

Dataran Tinggi Dieng, di Jawa Tengah bisa menjadi alternatif destinasi liburan yang Anda pilih. Seperti yang dilakukan salah seorang G-Readers, Ryan Maulana, yang baru saja mengunjungi Dieng, bersama tujuh teman lainnya dibantu Relis Adventure.

Menurutnya, Agustus hingga September merupakan musim saat suhu Dieng mencapai titik terdinginnya. Dalam rentang waktu tersebut, suhu bisa mencapai di bawah 10 derajat Celcius. Meski dingin, tetap saja, pemandangan di sana dapat menjadi healer bagi Anda yang penat dengan hiruk-pikuk yang terjadi di kota besar macam Jakarta.

Berikut, beberapa lokasi yang dikunjungi oleh Ryan dan rombongan, dalam perjalanan selama tiga hari dua malam tersebut; Telaga Warna, Komplek Candi Arjuna, Dieng Plateu Theater, Kawang Sikidang, dan yang paling utama melihat sunrise dari atas Bukit Sikunir.

Selain wisata telaga, di Dataran Tinggi Dieng juga terdapat bangunan-bangunan bersejarah, salah satunya Komplek Candi Arjuna. Meski kecil, candi yang terdiri dari lima bangunan utama ini merupakan candi Hindu tertua di Pulau Jawa yang dibangun pada masa Dinasti Sanjaya pada abad ke-7 Masehi.

Para wisatawan juga dapat mengetahui sejarah maupun pengetahuan mengenai kawah-kawah yang terdapat di Dataran Tinggi Dieng dengan menyaksikan sebuah film dokumenter berdurasi 30 menit yang diputar di Dieng Plateu Theater. « [teks @Renaisains dan @nandiyanti | foto @Renaisains]

 

bukit sikunir 1
Sunrise di Bukit Sikunir, Dieng
dieng plateu theater
Dieng Plateu Theater
gunung sindoro dari atas bukit sikunir 1
Gunung Sindoro dari Atas Bukit Sikunir
telaga warna 1
Telaga Warna, Dieng