Tujuan di Dataran Tinggi Dieng

0
1289

Menikmati tujuan wisata Dieng, Jawa Tengah

gunung sindoro dari atas bukit sikunir 1

Berjalan-jalan ke Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah ternyata sangat menyenangkan. Tak perlu persiapan yang terlalu ribet, Anda sudah bisa merasakan sensasi dinginnya dataran tinggi yang ada di Pulau Jawa tersebut. Baru saja kembali dari Dieng, teman-teman dari Relis Adventure sedikit membagikan pengalaman mereka ketika berkunjung ke destinasi wisata itu. Mereka –yang berjumlah delapan orang– berkumpul di meeting point yang telah ditentukan pada Jumat, malam hari.

Setelah peserta trip berkumpul, mereka pun berjalan meninggalkan Jakarta dan sampai di Dieng keesokan harinya. Sekitar menjelang tengah hari, mereka sampai di penginapan, dan menggunakan sedikit waktu untuk membereskan barang bawaan dilanjutkan dengan makan siang dan istirahat sejenak.

Sekitar pukul 14.00 wib, tanpa membuang waktu, peserta trip langsung menuju lokasi wisata Candi Arjuna dan dilanjutkan menuju Dieng Plateau Theatre. Sekitar satu setengah jam menghabiskan waktu di kedua tujuan pertama, mereka pun bergegas menuju Bukit Pandang. Di sana Anda bisa melihat keindahan alam Dieng dari ketinggian.

Wisata hari itu belum usai karena peserta langsung menuju Telaga Warna. Telaga ini amat tersohor di dataran yang suhunya mencapai 10 derajat Celcius itu. Disebut Telaga Warna karena pantulan air di permukaan telaga yang berwana biru kehijauan akibat kandungan belerang yang terdapat di dasar telaga. Selain Telaga Warna terdapat satu telaga lagi yang berada disana, yaitu Telaga Pengilon.

Di Telaga Pengilon terdapat mata air yang tak hanya mengisi air di Telaga Pengilon tetapi juga mengisi air yang ada di Telaga Warna. Puas berjalan-jalan di hari pertama, peserta pun kembali ke penginapan dan beristirahat, mengumpulkan tenaga untuk berjalan-jalan di hari kedua.

Sebelum matahari sempat bersinar. Seluruh peserta trip ini pun terbangun dari tidur lelap mereka. Sekitar pukul 03.00 wib dini hari mereka berangsur menuju Bukit Sikunir. Jangan salah dulu, udara dingin yang menggigit tak mematahkan semangat peserta untuk mendaki Bukit Sikunir untuk mencari spot terbaik melihat sunrise dari ketinggian.

Peserta menghabiskan waktu hingga pukul 08.00 wib. Menikmati sunrise tentunya juga dibarengi dengan mengabadikan momen-momen menyenangkan bersama dengan teman-teman. Puas menyaksikan pemandangan dari Bukit Sikunir, peserta pun menyempatkan diri untuk menyantap sarapan pagi. Setelahnya langsung menuju Kawah Sikidang.

Di sini wisatawan bisa melihat letupan lumpur panas dari pinggiran kawah. Sikidang sendiri berarti kijang dalam bahasa Jawa, disebut demikian karena kawah yang berada di sini setiap beberapa tahun sekali akan berpindah tempat yang didahului dengan gempa bumi. Jika ke tempat ini jangan lupa untuk membawa masker penutup hidung, karena aroma belerang sangat menyengat di lokasi ini.

Usai menikmati pemandangan Sikidang, ini salah satu yang wajib dilakukan saat berjalan-jalan. Yaitu membeli buah tangan untuk keluarga dan teman-teman sekembalinya berlibur. Usai membeli oleh-oleh, mereka kembali ke penginapan untuk berkemas dan kembali ke Jakarta.

Salah satu tips yang dibagikan oleh teman-teman dari Relis Adventure adalah, Anda harus mengetahui suhu rata-rata di Dieng sebelum berkunjung. Misalkan saja Anda ingin berkunjung pada Agustus hingga September, Anda harus tahu bahwa dalam rentang waktu tersebut, Dieng dalam musim terdinginnya. Suhu bisa terus turun ke titik di bawah 10 derajat Celcius.

Sebelum berangkat, pastikan Anda membawa perlengkapan pribadi yang tak boleh ketinggalan. Barang-barang yang perlu dibawa, antara lain; jaket atau sweater, sarung tangan, kaus kaki, senter atau head lamp, sandal atau sepatu tracking, masker mulut, dan tentunya peralatan pribadi lainnya, seperti pakaian ganti, makanan, dan obat-obatan pribadi jika diperlukan. Ingin mencobanya? « [teks @nandiyanti | foto @Renaisains]

SHARE