Head To Head: Jikun /rif dan Eross Sheila On 7

0
810

Saingan atau panutan? Ini jawaban Jikun /rif dan Eross Sheila On 7

/rif dan Sheila on 7 akan menggelar koser kolaborasi di Istora Senayan, Jumat [18/9] ini. Kedua band itu besar di waktu yang sama, ketika alternative rock mencapai golden era. Dan kini, pria-pria asal bandung dan yogyakarta itu adalah ikon dari generasi 90-an.

/rif punya Jikun, sementara Sheila on 7 punya Eross Candra. Mereka adalah jagoan untuk urusan mencipta musik di band masing-masing. Jikun yang tumbuh dengan musik God Bless dan Judas Priest, kental dengan heavy metal dan rock alternative dalam nuansa musiknya.

Lain hal dengan Eross, yang di awal kemunculannya memainkan pop alternative. Tapi lambat laun beralih ke arah blues juga post-rock. Kedua pria ini yang kemudian membentuk identitas grup musik yang mereka bangun.

Jikun dan Eross bertemu di Hotel Century saat press conference pertama “Konser Musik /RIF dan Sheila On 7” berlangsung. Kami menghampirinya di waktu yang berbeda untuk mengetahui pandangan mereka antara satu sama lain. Sebagai saingan atau panutan? Check this out!

jikun rif1Eross di mata Jikun
“Lirik yang diciptakan olehnya, bisa menginspirasi fans-nya saat itu gue rasa. Bahkan sampai generasi sekarang masih,” ungkap lelaki beranak satu ini.

Lalu jikun menambahkan kalau permainan gitar Eross itu asyik didengar. Tidak berlebihan atau dibuat-buat. Dengan format pop dan teknik gitarnya yang mumpuni, membuat lagu-lagu Sheila On 7 itu kena banget.

Gue suka banget sama bunyi gitarnya dia,” ujar pria yang hari itu mengenakan outfit serba hitam from top to toe. “Sampai ketika orang dengar pasti langsung bisa menebak kalau itu bunyi gitarnya Eros. Dia berhasil dengan itu dan gue salut sama dia.”

eross sheila on 7Jikun di mata Eross
“Ketika baru pertama mendengar musiknya itu benar-benar fresh dan baru. Dia bisa mainin musik rock di industri pop mainstream dengan lagu Radja itu luar biasa,” ujar pria yang digilai oleh remaja wanita saat pertengahan 90-an ini.

Eross mengaku jika sudah mendengarkan album /rif sejak pertama muncul. Dan ia lebih menyukai aksi live mereka. Pria asli Yogya ini menyebut /rif adalah band panggung. Aksi mereka di atas stage terbilang edan, mulai dari perform sampai kostum untuk manggung.

“Apa yang dilakukan oleh Jikun itu /rif sekali. Riff-riff gitar yang dia mainkan membentuk karakter dari /rif itu sendiri,” terang pria yang sedang menyiapkan album solonya itu.

Eros melanjutkan, selain vokalnya Andy yang berciri khas, /rif beruntung punya Jikun, sosok yang berbeda dari gitaris lainnya. “Jikun itu strict [to] rock banget. Dia bukan tipikal gitaris yang kadang main rock, lalu pop, terus jazz. Dia murni seorang rocker.”

“Buatku, main gitar dan sound itu pilihan. Dan yang dilakukan oleh Jikun itu menginspirasi banyak orang. Bukan cuma fan base-nya aja. Tapi juga orang-orang yang mencari referensi tentang rock Indonesia seperti apa. Bisa mulai mendengarkan permainan Jikun.” « [teks @HaabibOnta | foto @bagusdimsum]

SHARE