Chef Toronto Sajikan Makanan Jalanan

0
108
Masakan Jalanan Matt
Matt Basile

Berawal dari kesukaannya membantu masakan kakeknya

Masakan Jalanan Matt
Matt Basile

Pada malam itu, seorang pria asal Toronto, Kanada, memberikan pengarahan kepada timnya mengenai masakan yang akan ditampilkan untuk menjamu tamunya di Bacco, Ciputra World, Jakarta.

Nama pria itu Matt “Fidel Gastro” Basile, yang sukses memilih jalan hidupnya sebagai seorang chef daripada pekerja kantoran. Ujarnya, “Saya akan membawa masakan jalanan ke level yang lebih tinggi.”

Terbukti, lima menu yang dihadirkannya kepada para tamu mendapat apresiasi tinggi. Matt sukses membuat makanan jalanan tampil di meja restoran.

Matt Basile adalah host dalam acara Matt Basile’s Kitchen Revolution yang tayang di jaringan TV berbayar Asian Food Channel [AFC]. Dan pada 11 September lalu, acara tersebut memasuki musim keduanya. Selanjutnya Matt Basile’s Kitchen Revolution akan tayang setiap Kamis pukul 21.00 waktu Jakarta.

Makna makanan baginya adalah, “Makanan lebih dari sekadar kenikmatan. Ini lebih pada menantang konvensi dan memiliki dorongan konstan untuk menciptakan konsep makanan baru. Saya yakin beragam budaya kuliner, masakan dan gaya yang ditawarkan di Asia dapat membuat inspirasi besar untuk petualangan berikutnya.”

Bagaimana Matt jatuh cinta pada kuliner.

Kakek-neneknya berasal dari Italia, dan kakeknya adalah orang yang selalu punya kesibukan dalam membuat roti atau mempersiapkan daging giling. Matt kemudian tumbuh dewasa dengan mempelajari segala sesuatu yang dia ketahui melalui kakeknya. Ia juga memiliki pengalaman bekerja yang berhubungan dengan makanan untuk mendukung kehidupannya selama masa kuliah.

Setelah lulus, Matt bekerja di sebuah biro iklan dan berpikir bahwa hidupnya telah ditetapkan meskipun ia memiliki perasaan yang mengganggu bahwa pekerjaan ini tidak akan membuatnya merasa puas untuk waktu yang lama.

Dia berhenti dari pekerjaan menjadi penulis dan kemudian memulai petualangan kuliner sendiri. Api kewirausahaan kini berkobar dalam dirinya, dan pada titik itulah alter egonya, “Fidel Gastro” kemudian lahir.

Dengan dukungan setia dari mantan bosnya, Matt mulai memasak di acara-acara kuliner jalanan di Toronto. Dia mulai mendapatkan nama untuk dirinya sendiri dan membangun menu andalannya untuk kreasi orisinil sandwich gaya Toronto Kuba atau yang lebih dikenal dengan Extremo Sandwich. Kreasi tersebut kemudian menjadi hit besar!

Toronto mencintai masakannya dan Matt segera menjadi terkenal karena acara masak dadakan yang sering dilakukannya serta truk makanannya bernama Priscilla, yang berkeliling di sekitar kota untuk memuaskan para pelanggan yang kelaparan dengan sandwich yang lezat dan bercita rasa tinggi. Kini Matt mengelola restoran perdananya, “Lisa Marie” dan food truck-nya Priscilla. « [teks & foto @bartno]

SHARE