Liburan Murah ke Bangkok

0
309
Bangkok
Bangkok

Liburan ke Bangkok dengan biaya Rp 3.545.000

Wat Arun

Pada Oktober tahun lalu, saya berhasil mendapatkan tiket pesawat Jakarta – Bangkok – Jakarta dengan maskapai Mandala Airlines seharga Rp 800 ribu. Perjalanan Jakarta – Bangkok ditempuh kurang lebih memakan waktu 3 jam. 

Sesampainya di International Airport Bangkok: Suvarnabhumi, kami [saya dan tiga sepupu] dijemput oleh guide lokal. Sebagai rekomendasi dan saran, sebaiknya meggunakan tour lokal dan cari di Bangkok minimal 10 hari sebelum keberangkatan.

Tour lokal ini kurang lebih berkisar USD 120 atau setara dengan Rp 1.320.00 sudah termasuk makan 3 kali sehari, tiket masuk wisata di Bangkok 2 hari, ke Pattaya 2 hari, tipping, dan antar jemput selama di hotel.

Uniknya, rata-rata penduduk lokal Thailand bisa berbahasa Indonesia sehingga memudahkan kita untuk berkomunikasi. Di hari pertama kami memilih untuk tidak ikut tour dan hanya mengantar sampai dengan hotel saja. Kami memilih bebas dan berjalan-jalan di sekitar Bangkok serta berbelanja di pusat perbelanjaan di Bangkok, MBK.

Kami menginap di Hotel Amari yang letaknya agak jauh dari pusat kota. Amari merupakan hotel bintang 5 di Thailand. Tetapi jangan dibandingkan dengan di Indonesia. Hotel bintang 5 ini setara dengan hotel bintang 4. Dengan fasilitasnya yang dapat dibilang cukup lumayan, harga per malam hotel ini tidaklah begitu mahal. Dengan mengeluarkan uang sekitar Rp 1.064.000, kami dapat menginap selama 5 hari 4 malam.

Rincian biaya untuk 1 orang:

Tiket Pesawat PP Jakarta – Bangkok – Jakarta Rp 800.000
Hotel Amari 2.800 Baht x Rp 380 = Rp 1.064.000 [5 hari 4 malam]
Tour Lokal USD 12 x Rp 11.000 = Rp. 1.320.000
Tiket Masuk Maddame Tussauds 450 Baht x Rp 380 = Rp 171.000
Tiket Ferris Wheel 500 Baht x Rp. 380 = 190.000

Total: Rp 3.545.000

*1 Baht = 380 rupiah dan USD 1 = Rp 11.000 [kurs Oktober 2013]

Dengan anggaran segitu, berikut wisata yang akan dikunjungi: 
MBK

MBK Center

MBK Center merupakan pusat perbelanjaan paling terkenal di Bangkok. MBK Center terdiri dari 8 lantai serta 2.000 toko yang berderet di sepanjang koridor MBK Center. Dengan harga yang sangat murah, MBK kebanyakan dikunjungi oleh para pedagang yang membeli barang dengan kuantitas yang besar.

Semakin banyak barang yang dibeli dalam satu model, semakin turun juga harga yang diberikan. Tidak hanya pakaian yang dapat dibeli di sini. Furniture, elektronik, makanan, fasilitas bioskop, karaoke, dan arena bowling juga dapat dijumpai di mall ini.

Food Court yang besar juga dapat menambah kenyamanan para pengunjung di sini. Dengan berbagai macam makanan yang tersedia, pengunjung bebas memilih makanan yang disuka. Hati-hati dalam memilih makanan, karena makanan yang tersedia kebanyakan non-halal. Tips dalam membeli barang adalah dengan menawar harga barang dua kali lipat lebih rendah atau membeli minimal dua terhadap barang yang sama.  » 

 

Maddam Tussauds

Madame Tussaud, Bangkok

Maddame Tussaud merupakan salah satu museum lilin yang terkenal di dunia yang pertama kali didirikan di London. Madame Tussaud terletak di sebuah pusat perbelanjaan bernama Siam Discovery, yang berada tidak jauh dari MBK Center.

Yang menarik, di sini pengunjung dapat melihat patung lilin presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno. Di dalam Madame Tussaud, pengunjung dapat berfoto secara gratis dengan patung lilin yang tersedia. Ada beberapa patung, serta disediakan fotografer dan Anda bisa menebus foto tersebut saat pulang nanti.

Tidak hanya Ir. Soekarno,  patung lilin artis terkenal juga berdiri di sini. Mulai dari tokoh politik sampai dengan aktor terkenal seperti Will Smith. Disarankan untuk membeli tiket online karena harga yang ditawarkan bisa mendapat potongan sampai dengan 40 persen. »

 

wat arun

Wat Arun

Wat Arun merupakan candi bersejarah yang terletak di tepi sungai Chao Phraya, Bangkok. Tidak hanya candi-candi yang dibangun, tetapi banyak juga penjelasan tentang sejarah. Untuk masuk ke dalam area Wat Arun, pengunjung tidak diperbolehkan menggunakan celana pendek atau dapat membeli kain untuk menutupi bagian pinggang sampai lutut.

Pengunjung dapat naik ke atas salah satu candi dan melihat pemandangan dari atas. Tangga yang dilalui sangatlah kecil dan curam. Bagi yang tidak berani naik sampai puncak, wisatawan bisa duduk-duduk sampai tingkat 2 candi.

Di area Wat Arun tersedia fasilitas berbelanja bagi yang ingin membeli suvenir. Uniknya, semua penjual berbahasa Indonesia dan menerima mata uang rupiah. 

 

wat pho

Wat pho

Selain Wat Arun, Wat Pho juga sangat terkenal di kalangan wisatawan Thailand. Patung Budha tidur menjadi salah satu ciri khas Wat Pho. Wat Pho masih terletak di kawasan Wat Arun yang dapat dilalui dengan kapal yang menyeberangi sungai.

Di dalam Wat Arun terdapat banyak ritual-ritual khas Thailand yang bisa diikuti. Salah satu contohnya adalah memasukkan koin ke tong yang disediakan di sekeliling ruangan. Mitosnya, siapapun yang dapat memasukkan koin sesuai dengan jumlah tong, berarti rezekinya akan lancar dan permohonan akan tekabul. 

 

Asiatique

Asiatique the Riverfront

Sebuah mall yang letaknya agak jauh dari Bangkok mempunyai sebuah ferris wheel besar yang menyeruapai Singapore Flyer. Bedanya feris wheel di Bangkok ini terletak di tepi Sungai Mekkong dan dapat melihat perahu-perahu berlampu unik sepanjang sungai.

Pergi mall ini dapat menggunakan 3 alternatif. Yang pertama menggunakan tuk-tuk, kemudian menyeberang ke sebuah dermaga dengan perahu kecil. Kedua sekali jalan dengan naik tuk-tuk sampai tujuan. Terakhir menggunakan taksi.

Disarankan langsung naik taksi karena argonya hanya sekitar Rp 30.000. Jangan sekali-sekali menyeberang di dermaga karena harganya selangit kalau khusus turis. Dan juga jangan pernah naik tuk-tuk karena kemungkinan dibohongin mengenai ongkosnya. « [teks dan foto @chrissjeeissjee]

SHARE