16 Pertunjukan Seni untuk HUT GIK

0
175

Seminggu lebih untuk ulangtahun pertama Galeri Indonesia Kaya [GIK]

 

indonesia kaya 2

Segala hal yang berhubungan dengan kebudayaan kerap kali disebut kuno dan tua. Namun, anggapan itu tak akan berlaku jika Anda mengunjungi sebuah galeri keren di Grand Indonesia Shopping Town, Jakarta. Namanya Galeri Indonesia Kaya, sebuah tempat untuk budaya yang dikemas dengan sangat modern dan mengesankan.

Setahun sudah galeri ini memberikan kontribusi untuk kebudayaan Indonesia. Pada perayaan HUT GIK pertama yang jatuh pada 10 Oktober mendatang, Galeri Indonesia Kaya siap memberikan sesuatu yang berbeda.

Galeri Indonesia Kaya persembahan Bakti Budaya Djarum Foundation ini siap menampilkan 16 seni pertunjukan dalam 12 hari yang berlangsung dari 1 – 12 Oktober 2014. Melibatkan banyak seniman-seniman lintas generasi, Galeri Indonesia Kaya ingin memberikan sesuatu yang berbeda bagi para penikmat seni.

“Ini adalah tantangan sendiri untuk kita mengemas segala macam yang dianggap kuno menjadi sesuatu yang lebih seksi. Sekaligus kami ingin mengapresiasi para pekerja seni yang konsisten di bidangnya masing-masing,” ujar Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation.

Acara ini akan menampilkan rangkaian pertunjukan seni, di antaranya sastra, musik, tari, drama, wayang orang, film, sampai fashion show. Galeri Indonesia Kaya akan menggaet seniman-seniman ternama seperti Titiek Puspa, Butet Kartaradjasa, Happy Salma, Sashi Gandarum, hingga grup lawak senior Srimulat. Tak ketinggalan, Anda juga bisa menikmati screening film karya-karya Mira Lesmana, seperti GIE!, Ada Apa Dengan Cinta?, dan Drupadi.

Para jurnalis pun tak mau kalah ambil bagian dari acara ini. Wayang Jurnalis ‘Wahyu Cakraningrat’ yang bekerjasama dengan Wayang Orang Bharata menjadi pertunjukan yang ditunggu-tunggu, karena menghadirkan jurnalis-jurnalis ternama Indonesia serta menggandeng presenter kocak Indra Bekti sebagai dalang.

“Galeri Indonesia Kaya berterimakasih kepada teman-teman media yang telah menjadi bagian dari perjalanan kami hingga menjadi seperti sekarang ini. Karena itu kami juga melibatkan dan juga mempersembahkan pertunjukan ini untuk teman-teman jurnalis,” lanjut Renita.

Hadirnya Galeri Indonesia Kaya sebagai ruang publik seni budaya Indonesia dianggap sebagai angin segar bagi generasi muda yang menantikan sajian kekinian dan melakukan proses kreatif serta mendukung kemajuan industri ekonomi kreatif Indonesia yang beridentitas nasional. Karena itu, musisi Yovie Widianto mencetuskan tema ‘Indonesia Kreatif, Indonesia Keren’ untuk perayaan satu tahun Galeri Indonesia Kaya demi merepresentasikan Kreativitas dan Budaya yang melebur jadi satu sebagai identitas nasional yang membanggakan.

Berikut jadwal pertunjukkan yang akan berlangsung di Galeri Indonesia Kaya, dalam rangka ulangtahun pertamanya.

Rabu, 01 Oktober

15.00
Dramatic Reading “Trilogi Ronggeng Dukuh Paruk”
Butet Kartaredjasa [BO]

19.00
Suara Negeriku
Voxaluna Choir [SU]

Kamis, 02 Oktober

19.00
Wayang Jurnalis “Wahyu Cakraningrat”
Wayang Jurnalis feat. Indra Bekti [BO]

Jumat, 03 Oktober

15.00
Nonton, yuk! Di GIK: GIE!
Miles dan Muvila [BO]

19.00
Drama Musikal “Malin Kundang”
Sangrina Bunda [SU]

Sabtu, 04 Oktober

15.00
Duta Cinta Drama Musikal
Titiek Puspa dan Duta Cinta [SU]

19.00
Nonton, yuk! Di GIK: Ada Apa Dengan Cinta?
Miles dan Muvila [R]

Minggu, 05 Oktober

15.00
Nonton, yuk! Di GIK: Drupadi
Miles dan Muvila

19.00
Nusantara dan Trio Lestari
Trio Lestari [Tompi, Glenn Fredly, Sandhy Sondoro] [SU]

Rabu, 08 Oktober

15.00
“Muda Mode” Fashion Show
Oemah Etnik, Odanam, dan Selittoes Shoes [SU]

19.00
Lenong Rumpi Modern Menguak Indonesia Kaya
Institut Musik Daya Indonesia feat. Sruti Respati [BO]

Kamis, 09 Oktober

15.00
Cinta Untuk Indonesia
Kahitna [SU]

Jumat, 10 Oktober

15.00 dan 19.00
Drama Musikal Interaktif 4 Wanita: Jelajah
Threebute [SU]

Sabtu, 11 Oktober

15.00
Monolog 3 Perempuan
Happy Salma bersama Olga Lydia, Pipien Putri, Arlin Putri, & Sha Ine Febriyanti [BO]

19.00
Kroncong Baru: Nyanyian Nusantara Dunia
Ubiet & Kroncong Tenggara

Minggu, 12 Oktober

15.00
Sulap Antibiotik
Srimulat feat Demian [BO]

Yuk, jadi pribadi yang bangga, atas budaya bangsa Indonesia, G-Readers! « [teks & foto @retnaningtyas]

SHARE