Siapa Saja Korban Fappening?

0
311
jennifer lawrence

Fappening dianggap suatu pelanggaran besar terhadap privasi

anna kendrickG-Readers, pastinya sudah tahu bahwa akhir-akhir ini banyak tersebarnya foto nude para selebriti yang bocor di internet. Beberapa pengacara selebriti yang terkait pun sudah ada yang mengonfirmasi keotentikan foto-foto tersebut dan menganggap ini merupakan suatu pelanggaran privasi.

Bermula pada 31 Agustus 2014, hampir sebanyak 200 foto pribadi milik para selebriti ternama pun beredar di internet.  Foto-foto ini pun bukan merupakan foto biasa, melainkan foto nude atau telanjang.

Foto pribadi selebriti itu disebar dan di-posting ke sebuah media sosial bernama imageboard 4chan yang pada akhirnya pun tersebar luas dan beredar di situs-situs internet seperti  Imgur, Reddit, dan Tumblr.

Foto-foto yang tersebar luas ini diduga diambil melalui aplikasi Apple untuk menyimpan data-data pribadi atau biasa disebut juga iCloud yang dibajak seorang hacker. Hingga saat ini, belum diketahui siapa identitasnya.

Foto-foto yang beredar ini pun akhirnya mempunyai istilah mulai dari Celebgate sampai dengan Fappening, yang merupakan gabungan dari dua suku kata, yaitu Fap [yang berarti mastrubasi dalam bahasa slang] dan Happening [yang berarti sesuatu yang sedang tren dan dibicarakan orang banyak].

Foto-foto yang beredar sempat dipertanyakan keasliannya. Seperti yang dialami aktris Emma Watson. Ia menyangkal bahwa foto itu merupakan editan dan merupakan berita bohong.

Bintang film Twilight Anna Kendrick pun juga sempat memberikan statement atas dirinya yang juga menjadi korban. Ia mengaku saat itu tengah mengenakan baju lengkap dan sedang berpesta bersama teman-temannya. “It certainly makes me sad for the girls who were affected, and bummed out that people won’t be able to do that stuff, because it’s a part of like and if you want to you should be able,” ujarnya.

Sampai pada hari ini, fappening sudah masuk gelombang ketiga dan menyebarluaskan foto para selebriti yang berbeda. Pada 20 September 2014, sejumlah foto selebriti Hollywood seperti Kim Kardashian, Jennifer Lawrence, Rihanna, Kate Upton, dan Kirsten Dunst tersebar di internet dan disebarluaskan melalui media sosial Twitter.

Pada 26 September, muncul  lagi beberapa nama selebriti yang menjadi korban seperti Anna Kendrick, Nikki Minaj, dan Cara Delevingne yang fotonya disebarluaskan oleh si pembajak.

FBI pun sudah menyelidiki kasus ini. Dan pihak Apple pun juga sudah mengonfirmasi atas kebocoran iCloud service ini dan berjanji bahwa ke depannya akan memperbaiki keamanan akun lebih baik lagi. Apple menyatakan bahwa si pembajak ini pun sudah mempunyai target yang mau dijadikan korban. « [teks @chrissjee | foto nydailynews.com]

SHARE