Annabelle dan Kutukannya

0
513

Teror Annabelle dalam sebuah keluarga kecil

annabellestear

Teror ini terjadi sebelum The Conjuring dimulai. Tak ada yang pernah tahu kesialan apa yang akan terjadi pada seseorang. Begitulah inti cerita yang terjadi dalam prekuel film The Conjuring yang bertajuk Annabelle.

Seperti yang sudah diperlihatkan sekilas di The Conjuring, Annabelle adalah sebuah boneka perempuan yang dikuasai iblis. Mungkin Anda akan langsung teringat akan boneka Chucky yang bertahun-tahun lalu sukses menebarkan teror mengenai boneka berhantu.

Namun, Annabelle dihadirkan dalam versi berbeda. Tak ada boneka berbicara, tak ada boneka bergerak dan tak ada boneka yang membunuh manusia dengan tangannya sendiri. Yang ada di dalam film ini adalah bagaimana sebuah keluarga kecil yang terus-menerus diikuti sebuah kekuatan yang datang dari iblis.

John Gordon [Ward Horton] dan sang istri Mia [Annabelle Wallis] tengah menantikan kelahiran anak pertama mereka. Dalam keadaan yang berbahagia, tiba-tiba kejadian mencekam menimpa pasangan ini. Mereka menjadi korban pembunuhan brutal yang dilakukan sekte penyembah iblis. Beruntung mereka selamat dari pembunuhan tersebut, meski Mia mengalami beberapa luka dan trauma mendalam.

Pelaku pembunuhan itu, lebih dulu dilumpuhkan oleh polisi. Salah satunya, justru ditemukan dalam keadaan bunuh diri sambil menggendong boneka Annabelle. Boneka yang dibeli John untuk Mia sebagai hadiah menyambut kelahiran anak pertama mereka itu pun bertransformasi.

Mulai hari itu semua berubah. Kejadian-kejadian misterius terus menghantui Mia. Sampai akhirnya Leah, anak pertama mereka lahir pun, kejadian mistis tak juga berhenti. Mia berusaha mencari tahu alasan atau sebab kejadian itu terus berulang. Yang ada di pikirannya dalah bagaimana cara agar menyelamatkan sang anak dari gangguan iblis yang menguasai Annabelle.

Berbagai cara dilakukan. Bahkan ketika meminta pertolongan kepada Romo Perez [Tony Amendola], kekuatan iblis itu tetap tak terkalahkan. Mia, yang mulai habis kesabarannya pun hampir menyerah. Lalu apa yang terjadi?

Teror-teror mistis yang ada di film ini memang tidak seintens yang terjadi dalam film The Conjuring. Penampakannya pun tidak sefrontal di film horor yang pernah dibintangi Patrick Wilson dan Vera Farmiga pada tahun 2013 itu. Hanya saja, ketika menonton film ini, kita seolah dibawa untuk menaiki sebuah roller coaster.

Terkadangan, jalan cerita film datar-datar saja. Percakapan Mia dan sang anak Leah kadang terasa menggemaskan. Namun dalam hitungan beberapa menit kemudia, suasana mencekam pun mulai hadir. Anda harus bersiap-siap mengatur nafas saat adegan demi adegan bergulir dengan cepat.

Teror yang ditunjukkan sutradara John R. Leonetti di film ini sungguh pandai memainkan emosional penontonnya. Boneka Annabelle tak terlibat banyak di dalam potongan adegan. Namun karena teror yang dikeluarkan memiliki ritme tertentu untuk memacu detak jantung Anda, maka saat kamera menyoroti boneka bergaun putih itu, suasana mencekam pun tak akan bisa Anda tepis.

Di saat film berakhir, Anda masih akan dibuat bertanya-tanya. Potongan cerita di penghujung kisah, membuat Anda menebak, bahwa film ini akan memiliki lanjutannya lagi. Sebelum lebih lanjut memikirkan kelanjutan kisah Annabelle, ada baiknya persiapkan keberanian Anda terlebih dahulu untuk menonton film berdurasi 98 menit ini. « [teks @nandiyanti | foto Warner Bross]

SHARE