Apa Batik Favorit Anda?

0
542

Lima kain batik ini, belum terlalu dikenal di Indonesia

Jika mendengar kata Pekalongan, pastinya yang terlintas dalam benak Anda adalah Kota Batik. Siapapun akan tergoda membawa oleh-oleh batik sebagai buah tangan jika berkunjung ke kota di Jawa Tengah itu.

Selain dari Pekalongan Indonesia juga memiliki berbagai jenis batik dari daerah yang berbeda-beda. Dan batik-batik tersebut masih kurang dikenal dan diminati masyarakat. Padahal batik-batik tersebut jug atak kalah cantik dengan batik-batik yang sudah populer seperti Batik Parang, Batik Kawung, ataupun Batik Mega Mendung.

Kemarin, sehari sebelum Hari Batik Nasional, Ghiboo beroleh kesempatan berbincang dengan para pemenang Putra Putri Batik Nusantara 2014 bersama perwakilan Ikatan Pecinta Batik Nusantara. Dalam bincang-bincang santai tersebut, Ghiboo mencoba mencari tahu, jenis-jenis batik yang masih jarang diketahui, namun layak untuk dijadikan referensi dalam berbusana. Berikut ini adalah lima kain batik favorit mereka.

NinaNina Jane Bustan – @ladyninjast

Pemenang Putra Putri Batik Nusantara 2014
Batik Fave Papua
Jenis Batik Asmat

Batik yang belum banyak terekspos dan yang Nina suka sekali adalah batik dari Papua. ”Belum banyak orang yang tau kalau Papua punya batik. Dia mengambil budaya Papua yang dituang dalam kain. Contohnya Batik Asmat, berlambang patung yang disembah suku Asmat,” ujar Nina antusias.

Selain berbentuk patung, batik Papua juga ada yang bentuk tifa, alat musiknya. Lalu ada juga yang berbentuk burung Cendrawasih. Menurut Nina, warisan budaya dari setiap daerah dapat dituangkan dalam kain.

Kelebihan yang dimiliki Batik Papua yaitu warnanya warna alam, karena sesuai dengan alamnya yang masih hijau sekali. Apalagi zaman sekarang, Batik Papua sudah banyak inovasinya, bukan hanya warna gelap dan natural seperti hitam tapi juga ada merah, biru dan masih banyak lagi.

next-pink

1
2
3
4
5
SHARE