Celine dan Ketidakpastian Busana

0
311

Bahkan perancang busana Celine pada Spring-Summer 2015 tak mau tahu apa yang ia rancang

 

celine

Setiap perancang busana akan dengan lugas menjelaskan tema koleksinya. Namun Phoebe Philo –perancang lini mode Celine– berkata bahwa ia tak tahu dan tak mau tahu apa yang sedang ia rancang dalam koleksi Spring-Summer 2015 Paris Fashion Week, 28 September lalu.

celine 2

“Setiap perancang akan selalu bertanya-tanya pada awalnya: apa yang akan aku rancang? Model seperti apa yang cocok untuk musim ini? Tetapi kali ini saat kutuangkan ideku dalam kertas, aku tak bisa memastikan apa yang sedang kurancang.”

Maka dari itu, Philo berkata bahwa dalam rancangannya kali ini, tak ada yang namanya proses ‘editing’. Tak ada tekanan untuk memastikan bahwa baju ini sesuai untuk apa, presisikah, atau motif apa yang dominan di dalamnya. Menggunakan hati, begitu yang ingin ditekankan Philo.

celine 3

 

celine 5

Maka, bisa kita lihat motif floral yang berpadu dengan gambar abstrak dalam beach dress, kancing tanpa fungsi yang disematkan hingga ke bagian kaki, busana [yang seharusnya menjadi] semacam ball-gown, tetapi pada akhirnya dipadukan dengan celana bahan dan juga diberi lubang pada kedua sisi, juga aksen bulu. Serta coat dress dan flat shoes. Terdengar dan terlihat mengurangi keresmian? Atau terkesan ‘maksa’?

celine 6

 

celine 8

“Aku tahu, setiap wanita pernah melihat tumpukan lemarinya dan berkata “mungkin aku tidak bisa memadukan atasan ini dengan bawahan yang ini. Atau busana lain. Tetapi aku hanya ingin menegaskan [dalam rancangan ini], bahwa perempuan bisa berbusana apa saja tanpa merasa ‘dibatasi’ oleh dirinya sendiri.” « [teks @intankirana | foto vogue.fr]