Petualangan Hidup Chris Martin

0
665
CHRIS-MARTIN
CHRIS-MARTIN

Bagaimana perjalanan hidup dan cinta Chris Martin?

Chris MartinSiapa tak kenal dengan Chris Martin? Juru tembang Coldplay ini amat berbakat dalam menggubah lirik dan komposisi nada menjadi sebuah lagu dan musik yang asik. Tapi tahukah G-Readers pria kelahiran 37 tahun lalu ini sama sekali tidak merokok? Apa saja rahasia dalam hidupnya? Let’s see the journey of life and love from Chris Martin!

1996

Chris Martin membentuk band pertamanya. Pada mulanya Coldplay bernama Pectoralz, lalu diganti menjadi Starfish, sampai akhirnya terbentuklah nama Coldplay yang merupakan nama paten dan tak akan diganti lagi.

Lagu pertama yang mereka ciptakan berjudul “Ode to Deodorant” yang isinya merupakan bahan candaan tentang hubungan antara dua universitas. Mereka juga mengirimkan sampel lagu ini kepada sebuah perusahaan rekaman dan Coldplay pun menandatangani kontrak terhadap label tersebut.

2000

Coldplay merilis album pertama bertajuk Parachute. Di dalam album ini terdapat sepuluh lagu, di antaranya adalah sebuah hidden track yang spesial diciptakan bagi para penggemar Coldplay dan tidak dinyanyikan secara publik. The Guardian Newspaper menobatkan album Parachute ini sebagai one of the year’s most uplifting album.

2002

Chris Martin bertemu Gwyneth Paltrow di sebuah konser saat Coldplay tengah melakukan album tur kedua mereka, A Rush of Blood to the Head. Mereka awalnya tidak mengakui kedekatannya sampai akhirnya sebuah tabloid membeberkan kebenaran tersebut dan mereka pun akhirya terbuka soal hubungannya. Saat ayah Gwyneth meninggal dan ia merasa sangat terpukul, Chris Martin menciptakan lagu “Fix You” yang dipersembahkannya untuk kekasihnya. Uwww, so sweet!

Chris and Gwyneth2003

Chris Martin akhirnya menikah dengan Gwyneth tepatnya pada 5 Desember 2003 dan mengumumkan kehamilannya kepada media.

2004

Chris Martin juga mempunyai solo project atau project yang ia kerjakan sendiri tanpa bandnya. Pada akhir tahun 2004 Chris Martin berkolaborasi dengan Ron Sexsmith. Ia juga pernah bernyanyi untuk sebuah band bernama Band Aid 20 dengan single mereka “Do They Know It’s Christmas?”

Kabar gembira juga menghampir Chris. Putri pertamanya lahir dan diberi nama Apple Martin pada 14 Mei 2004

2005

Chris Martin berkolaborasi dengan Nelly Furtado dengan single mereka berjudul “All Good Things [Come to an End]” yang masuk ke dalam album Nelly berjudul Loose. Mereka pun digosipkan menjalin kasih setelah mereka tampil bersama di sebuah festival musik, Glastonbury. Nelly pun merespon secara tidak serius dan menyatakan, “Yeah, he’s my boyfriend – he just doesn’t know it yet“.

2006

moses appleChris dan Gwyneth dikarunai seorang putra pada 8 April 2006 yang diberi nama Moses Martin. Dan di tahun inilah Chris bersama personil Coldplay mulai mengerjakan album keempatnya, Viva la Vida or Death and All His Friends.

Chris menyatakan bahwa di album ini merupakan perubahan dari tiga album sebelumnya yang merupakan trilogy. Perubahan album ini diakui bahwa mereka terinspirasi band-band rock seperti Blur, Arcade Fire, dan My Bloody Valentine.

2009

Pada Juni 2009, Coldplay mendukung sebuah gerakan vegetarian yang dibuat Paul Mc Cartney bertajuk Meat Free Monday. Campaign ini memunjukkan bahwa perubahan iklim yang terjadi perlahan dan mengakibatkan hewan-hewan di alam pun perlahan-lahan mulai punah. Campaign ini berisi ajakan agar menyisihkan satu hari dalam seminggu untuk tidak makan daging.

2010

Dengan popularitas Coldplay yang kian lama kian menanjak, Coldplay dikontrak beberapa perusahaan-perusahaan besar seperti Gatorade, Diet-Coke, dan Gap untuk endorsement dalam penggunaan beberapa lagu Coldplay seperti “Yellow”, “Don’t Panic”, dan “Trouble”. Lagu “Viva La Vida” juga digunakan untuk iklan komersial di iTunes Store.

Pada 1 September 2010, Coldplay tampil di special event yang diselenggarakan Apple dan berterimakasih atas penggunaan lagu “Viva La Vida” yang membuat lagunya banyak dikenal orang. Dan setelah Steve Jobs wafat, Coldplay tampil di Apple’s Campus di Cupertino dan mengucapkan terimakasihnya untuk Steve Jobs atas dukungan penuh yang diberikan Steve Jobs kepada Coldplay.

make trade fair2012

Selain menjadi musisi, Chris Martin juga aktif terlibat menjadi aktivis. Pada tahun 20012 Coldplay mendukung sebuah gerakan non-komersial yang bergerak dalam human rights dengan anggota yang mencapai tiga juta orang. Gerakan ini bernama Amnesty International.

Coldplay pun tampil serta mengumpulkan dana untuk organisasi ini. Tak hanya itu, mereka juga memakai gelang bertuliskan Make Trade Fair saat mereka menggelar konser. Make Traid Fair ini merupakan sebuah kampanye yang mendukung keadilan terhadap pemerintah, institusi, dan perusahaan-perusahaan.

2014

Selama 18 tahun Coldplay berkarier, hampir semua lagunya diingat semua para fans Coldplay. Serta lagu-lagunya yang dipakai dalam iklan maupun soundtrack film, akhirnya Coldplay merilis album baru bertitel Ghost Stories. Simak saja “Sky Full of Stars” yang lebih catchy di telinga.

Di balik kesuksesannya, Chris Martin memutuskan bercerai dengan sang istri yang sudah dinikahinya selama 10 tahun, Gwyneth Paltrow. Keduanya masih menutupi penyebab perceraian mereka.

Baik Chris maupun Gwyneth menyatakan bahwa ini merupakan keputusan terbaik dan tanpa ada masalah apapun. Mereka masih terlihat berhubungan baik demi kedua anaknya.

Chris and JenGwyneth dikabarkan sudah menjalin hubungan lagi bersama pria lain tiga bulan pasca perceraian. Chris enggan menanggapi hal tersebut. Ia sudah menemukan wanita yang kini mendampinginya, Jennifer Lawrence.

Bintang utama trilogy The Hunger Games ini awalnya bertemu Chris saat datang ke sebuh konser Coldplay. Mereka bertemu pandang saat Chris sedang tampil di panggung. Chris Martin lalu memberikan sebuah blow-kiss kepada Jen. Saat itulah pertemuan mereka menjadi dekat.

Jen selalu hadir saat Chris akan melakukan concert tour bersama Coldplay. Semua personil Coldplay pun menerima Jen dan menyatakan bahwa ia mempunyai pribadi yang sangat menyenangkan. Hmm, we hope you are the right girl, Jen! « [teks @chrissjee | foto-foto berbagai sumber]