Agnes Monica dan Mereka yang Pamer Batik di Luar Negeri

0
801

Dibilang kuno, mereka justru pamer batik di luar negeri

Mengenakan batik terkesan kuno atau kolot? Memang masih banyak generasi muda yang beranggapan seperti itu. Padahal saat ini sudah banyak tip dan trik untuk memadu-padankan corak kain batik agar terlihat up to date untuk dipakai dalam kegiatan sehari-hari.

Mungkin di dalam negeri masih banyak yang enggan memakai kain batik di keseharian mereka. Namun justru berbeda dengan artis atau seniman berikut ini. Mereka, justru dengan bangganya memamerkan kain tradisional Indonesia ini di negara orang.

Dan hasilnya? Sebagian besar dari mereka justru mendapatkan pujian karena kecantikan kain batik menyempurnakan penampilan mereka. Lalu siapa saja yang pernah ’memamerkan’ kain batik di kancah internasional? Berikut nama-namanya:

Agnes Monica – @Agnezmo

agnes-monica-batik

Di tahun 2010, perempuan multitalented ini tertangkap kamera mengenakan gaun batik di acara American Music Award. Di sana ia bukan tampil sebagai penyanyi, namun sebagai international host. Meski begitu ia tetap menjadi sorotan karena keanggunan gaunnya di malam itu.

Dan di tahun 2013 lalu, Agnes kembali mengenakan batik saat tampil di Powering Action Pre Grammy Celebration 2013, yang merupakan pre-event ajang tahunan Grammy Awards. Sayang, penampilan Agnes kali ini lebih banyak mendulang kritik pedas, karena dianggap terlalu seksi dan tidak mewakili makna batik yang santun ala adat Timur. Saat itu ia pamer batik dengan mengenakan rompi batik yang dipadankan dengan tube top dan celana jeans pendek.

 

 

andienAndien Aisyah – @andienaisyah

”Gila nih, ‘gimana bikinnya ya?” kata Donna Karan, desainer kelas dunia memuji pakaian Andien, seperti yang diceritakan oleh Andien kala ia berkunjung ke Amerika Serikat untuk hadir dalam perayaan ulangtahun desainer berinisial DK itu, September 2013 lalu. Hal itu tentu saja membuat Andien berbangga hati karena dipuji desainer ternama seperti Donna, yang dikenal lewat karya-karya DKNY.

Di saat banyak orang belum mau memamerkan keindahan budaya lokal Indonesia, Andien justru sudah lebih dulu mendapatkan pujian dari desainer internasional. Dan kala itu, tentu saja, Edward Hutabarat sebagai perancang busana yang dikenakan Andien ikut berbangga hati karena karyanya diapresiasi oleh perancang kelas dunia.

 

 

Addie M.S. – @addiems

adie-ms

Mengadakan konser di luar negeri adalah hal yang sudah sering dilakukan musisi ternama Indonesia, begitu juga yang dilakukan Addie M.S. Yang berbeda adalah, suami solis Memes ini selalu membawa batik ketika ia konser di luar negeri. Meski pun harus memakai pakaian resmi ketika berada di atas panggung, namun komposer dua anak ini berusaha untuk mengenakan batik ketika ada acara jamuan setelah konsernya berlangsung.

Ia mengakui menyukai batik jenis apapun, tak tertentu corak. Yang penting yang bagus dan juga cocok ketika ia kenakan. Itu merupakan salah satu wujud kebanggan Addie sebagai warga negara Indonesia, dan juga sebagai salah satu cara mengenalkan kebudayaan Indonesia pada orang-orang di luar negeri.

 

 

Julia Perez – @juliaperrez

jupee

Satu waktu, Julia Perez atau yang akrab disapa Jupe, dijadwalkan berkunjung ke Den Haag, Belanda untuk berlibur. Kala itu, ia memilih kain batik sebagai pakaian sehari-harinya. Dan ternyata, hal tersebut memancing perhatian dari penduduk setempat.

Mereka mengatakan pakaian yang dikenakannya begitu cantik, dan menyebutnya sebagai princess Indonesia. Pastinya hal ini di luar dugaan pelantun “Belah Duren” ini. Sejak saat itu juga, Jupe menjadi lebih bangga lagi sebagai orang Indonesia yang memiliki batik sebagai warisan kebudayaannnya. Dan ternyata, Jupe juga diketahui memiliki banyak koleksi batik, yang hingga kini masih terus dilakukannya.

 

 

 

 

Nidji – @nidji

nidji downing street no 10

Grup band yang disebut-sebut sebagai Coldpaly-nya Indonesia ini baru kembali dari London Inggris. Salah satu agenda mereka saat di Inggris adalah mengadakan sesi wawancara dan tampil di saluran berita internasional BBC. Tak tanggung-tanggung, sebagai bentuk kebanggaan mereka, para anggota Nidji, hadir dalam acara tersebut mengenakan batik.

Keenam anggota Nidji ini mengenakan corak batik yang berbeda-beda, untuk menunjukkan betapa kayanya budaya yang terdapat di Indonesia. Ketika kebanyakan orang masih ragu untuk mengenakan batik, mereka justru bangga mengenakan batik sebagai identitas nasionalisme mereka. « [teks @nandiyanti | foto berbagai sumber]

SHARE