Pandawa Lima Tandingi Superhero Komik

0
1223

Pandawa Lima juga memiliki kemampuan sama dan pantas disandingkan superhero komik?

Siapa pun –terutama kaum wanita– akan dibuat tergila-gila bila melihat sosok pria dengan wajah memikat dan kemampuan fisik yang lebih, atau bahkan kemampuan super?

Bila dalam kehidupan nyata, sulit menemukan sosok seperti itu, tapi berbeda dengan dunia khayal atau perdongengan.

Belakangan, sosok superhero yang seliweran di film-film box office, dirasa mumpuni membuat khalayak terpesona. Sebut saja segerombolan superhero dari Marvel, DC Comics, atau para mutan di X-Men.

Namun, keperkasaan para superhero dari wilayah barat itu, bukan berarti tak sebanding dengan superhero yang dimiliki legenda dari timur, salah satunya Pandawa Lima di kisah sastra kuno asal India, Mahabrata.

mahabarata 22
Beberapa bulan belakangan kisah Mahabrata yang mengangkat konflik antara Pandawa Lima [Yudhistira, Bima, Arjuna, Nakula, Sadewa] dengan seratus Kurawa kembali menghiasi layar kaca, penonton Indonesia.

Meski usang ditelan waktu dan merupakan kisah sejarah kuno, bukan berarti Mahabrata versi baru ini tidak mampu menarik perhatian penonton Indonesia.

Terbukti, setelah beberapa bulan tayang di tanah air, para pemain serial Mahabrata sudah disanjung, digemari dan digilai ketika menyambangi tanah air pada akhir September lalu.

Pesona Pandawa Lima

Apa yang membuat mereka dicintai masyarakat Indonesia? Jawabannya, mungkin 70 persen karena paras yang dimiliki para pemeran Pandawa Lima enak dipandang.

Ketampanan yang dimiliki para pemeran Pandawa Lima: Rohit Bhardwaj [Yudhistira], Saurav Gurjar [Bima], Shaheer Sheikh [Arjuna], Vin Rana [Nakula], dan Lavanya Bhardwaj [Sadewa] memang tak dipungkiri sangat mempesona.

Bahkan, ketampanan sang Arjuna, Shareer Sheikh sempat diklaim mengalahkan pesona aktor kawakan India, Sharuk Khan. Menanggapi hal itu, Shareer pun menjawab, “Dalam dunia seni ini [akting] aku tidak mau berkompetisi. Karena bukan itu tujuannya. Aku hanya ingin menghibur penggemarku, dan berkarya dengan baik,” ucap pria kelahiran 26 Maret 1984 ini.

Selain dianugrahi wajah tampan, alasan lain para Pandawa Lima ini digemari karena karakter yang mereka perankan, dapat dilakoni dengan sempurna. Misalnya, ketika mereka harus menjiwai emosi seorang ksatria, harus bertempur dengan senjata jaman dulu, dan baju jirah yang berat dan sedikit terbuka.

Seperti yang diceritakan Rohit Bhardwaj, kalau mereka [para pemain Mahabrata] harus berlatih tarung dan berkuda. “Memang lelah, dan badan jadi sakit, tapi kami senang melakukan itu [adegan bertarung], bahkan Nakula sampai jatuh tiga kali ketika menunggangi kuda,” tambah sang pemeran Yudhistira ini.

Intinya, pengorbanan para pemeran Pandawa Lima tidak sia-sia. Kini, ketika menyambangi Jakarta, mereka dipuja dan sebagai idola superhero baru. Mungkin, ketenaran mereka sudah menyamai superhero moderen yang berasal dari komik asal Amerika Serikat.

Pandawa Lima VS Superhero Marvel

Agar tidak menjadi hisapan jempol, apakah Pandawa Lima bisa disetarakan dengan para superhero komik, mari kita buktikan kemampuan mereka satu sama lain.

Kira-kira, di antara Pandawa Lima, superhero manakah yang pantas dan memiliki kemampuan yang sama.

Yudhistira
Paling tertua di antara Pandawa Lima. Ia dikenal sebagai sosok yang cerdas, jujur, dan pandai menyelesaikan masalah. Soal pertarungan Yudhistira memiliki keahlian menggunakan senjata tombak.

Yudhistira vs Iron Man

 

Iron Man
Dalam menyatukan tim superhero The Avengers, Nick Fury memang punya peran penting. Namun, ketika melawan penjahat, Tony Stark a.k.a Iron Man kerap menjadi leader, dan penyelesai masalah. Itu sebabnya, Ghiboo merasa Yudhistira layak disandingkan dengan Iron Man.

***

Bima
Anak kedua dari Raja Pandu dan Dewi Kunti [Pandawa Lima]. Bima digambarkan memiliki tubuh yang besar dan kuat seperti raksasa. Ia memiliki sifat yang setia pada satu sikap. Tidak suka basa-basi, tak pernah mendua, dan tidak pernah menjilat ludahnya sendiri. Soal bertarung, Bima ahli dalam memakai senjata Gada.

Bima vs Hulk

Hulk
Siapa tidak tahu superhero Hulk? Berbadan besar, kuat, setia dan tidak neko-neko. Tampilan, sikap dan sifat Hulk tidak jauh berbeda dengan Bima, seperti yang digambarkan di atas. Namun, soal senjata mereka jauh berbeda, karena Hulk tanpa menggunakan senjata.

***

Arjuna
Pandawa Lima urutan ketiga ini memiliki wajah yang menawan dan berhati lemah lembut. Selain tampan, Arjuna juga menjadi murid kesayangan guru Drona, karena jago memanah. Dengan keahlian memanahnya, Arjuna berhasil mendapatkan Dropadi, putri dari kerajaan Phancala, yang kemudian menjadi istri bagi Pandawa Lima.

Arjuna vs Hawkeye

Hawkeye
Hal utama yang mendorong Ghiboo untuk memasangkan Arjuna dengan Hawyeke, adalah karena keduanya memiliki senjata utama yang sama, panah dan dikenal sebagai jagoan memanah. Soal, pesona dan ketampangan? Yah… masih 11-12 lah.

***

Nakula
Selain Arjuna, Nakula juga dikenal memiliki wajah tampan di antara Pandawa Lima. Bahkan, Dropadi pernah mengakui kalau Nakula adalah suami paling tampan di dunia. Kembaran dari Sadewa ini memiliki keahlian khusus dalam merawat kuda dan astrologi. Selain itu, ia dan Sadewa juga ahli dalam pengobatan, karena titisan langsung dewa Aswin. Dalam hal berperang ia jago memainkan senjata Pedang.

Nakula vs Captain America

Captain America
Antara Captain America dan Nakula memang tidak ada kesamaan yang speksifikasi, bahkan soal senjata. Namun, keduanya sama-sama berwajah tampan. Bila di Pandawa Lima, Nakula paling tampan, pasti Ghiboo Readers setuju kalau Steve Rogers a.k.a Captain America adalah yang paling tampan di antara The Avengers. Selain itu, yang lebih memastikan mengapa Nakula bisa bersanding dengan Captain America, karena superhero ini memiliki ‘kembaran’ juga. Walaupun bukan kembaran kandung.

***

Sadewa
Kembaran si Nakula ini, memang tidak memiliki wajah setampan kembarannya. Namun, Sadewa diakui lebih pintar. Khususnya dalam ilmu perbintangan. Ia mampu meramalkan kejadian yang akan datang. Namun, Sadewa terikat sumpah, bila membeberkan rahasia takdir, maka kepalanya akan terbelah menjadi dua. Sadewa sama dengan Nakula ketika berperang, yaitu menggunakan senjata Pedang.

Sadewa vs Captain Britain

Captain Britain
Pasti G-Readers masih asing dengan jagoan yang satu ini. Captain Britain merupakan karakter milik Komik Marvel yang diciptakan agar setara Captain America, hanya bedanya jagoan ini untuk wilayah Inggris. Captain Britain memiliki tugas mulia, yaitu menegakkan hukum di Inggris. « [teks @DonT_D4 | foto @DonT_D4 dan ist]

SHARE