How to Win Your Interview

0
217

Bagaimana agar interview kerja berjalan lancar?

interview 2

Bagaimana cara mendeskripsikan diri sendiri saat interview? @portuguesesanafa

Jawab:

» Sebelum interview usahakan untuk research tentang organisasi tempat Anda akan interview. Karena kebanyakan orang pada saat interview belum tahu apa-apa tentang organisasinya. Hal itu akan menunjukan bahwa anda tidak mempunyai semangat atau keinginan untuk kerja di organisasi tersebut. Jadi sebisa mungkin pelajari organisasi paling tidak visi misi dari organisasi tersebut.

» Ketika tahap pertanyaan dimulai, interviewer pasti akan bertanya “ apa kelebihan Anda?” kebanyakan orang akan menjawab “saya mudah bersosialisasi”. Sebenarnya bukan jawaban seperti itu yang ingin didengar oleh interviewer tetapi apa yang telah Anda lakukan selama Anda bersosialisasi, misalnya Anda memperluas network, atau bergabung dalam suatu komunitas. Lebih kepada impact apa yang Anda dapatkan selama Anda bersosialisasi. Usahakan beri jawaban yang tidak terlalu formal.

» Kemudian interviewer akan bertanya “ada pertanyaan?” atau “apa yang ingin Anda ketahui dari organisasi?” Itu sebenarnya pertanyaan menjebak, biasanya Anda akan bertanya lebih ke teknis, contohnya “kerja di sini dapet cuti berapa hari?” atau “jam kerjanya bagaimana?” sebenarnya itu tidak salah tapi lebih baik fokuskan ke pertanyaan ingin tahu tentang organisasinya, target, visi misi organisasinya bagaimana. Lebih tunjukan bahwa Anda ingin jadi bagian dari tim mereka dan menunjukan bahwa Anda memiliki wawasan yang luas

» Datang on time. Jangan telat karena Anda jadi tergesa-gesa dan akhirnya Anda tidak fokus dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan dari interviewer.

Semoga tips praktis ini akan membantu G-readers agar lancar interviewnya. « [teks: @fakhranarana | foto careerealism.com]

———–

» Tentang Tag Money & Career: Artikel ini bersumber dari video #careerdoscope di YouTube Hard Rock FM. Penjawabnya adalah Andika Pradipta dan Bernadetta Anjani dari Daily Meaning, organisasi yang membantu para employee untuk meningkatkan kemampuan kerja.  

SHARE