Barry Likumahuwa Produseri Penyanyi RnB

0
403

Barry Likumahuwa mengorbitkan penyanyi dalam Feel Good Collective

barry likumahua di Feel Good Collective

Bassist muda berbakat, Elseos Jeberani Emanuel Likumahua, atau populer dengan nama panggung Barry Likumahuwa, akhir-akhir ini sedang sibuk membangun sebuah proyek bernama Feel Good Collective. Dalam proyek ini Barry dibantu musikus Dimas Pradipta dan Doni Joesran.

Mereka ingin menelurkan musikus baru untuk mewarnai industri musik Tanah Air. Di proyek itu Barry bertugas memproduseri penyanyi berbakat yang ada di Feel Good Collective. Penyanyi itu adalah Albert Fakdawer, Adinda Shalahita, Boyz II Boys, Ray Monte, Athina Nelwan, Ivan Saba, Ryan Valentinus, dan Indra Aziz.

Menurut Barry, selain mereka menyanyi, mereka juga menciptakan lagu. Barry dan Dimas membantu membuat beat dan mengaransemen ulang lagu ciptaan mereka untuk kemudian dinyanyikan kembali.

Feel Good Collective sangat berbeda dengan proyek Barry sebelumnya, Barry Likumahuwa Project. Dalam proyek ini, Barry mengusung genre musik RnB. Barry menyatakan bahwa genre ini tidak jauh berbeda dengan jazz.

Ia juga menambahkan bahwa RnB berasal dari musik jazz dengan route dan cabang sama. Barry sendiri sangat ingin mengeksplor lebih jauh genre RnB ini dengan mengurangi unsur Jazz di dalam lagu-lagu yang diproduserinya.

Dalam mengaransemen lagu-lagu di dalam proyek barunya ini, Barry terinspirasi dengan lagu karya Pharell Williams yang catchy. Meski demikian, ia tidak memaksa penyanyi di Feel Good Collective meniru gaya Pharell. Karena, ujar Barry, mereka punya role model sendiri-sendiri macam Stevie Wonder, Brian McKnight, dan TLC.

Barry juga menambahkan, bahwa perkembangan musik RnB di Indonesia masih terus berkembang sama halnya dengan jazz. Di Indonesia pun RnB masih banyak disamakan dengan hip hop seperti Soul ID yang menggabungkan dua unsur tersebut antara RnB dan Hip Hop.

“Teman Sepiku” merupakan single pertama yang dibuat dalam album kompilasi Feel Good Collective. Album yang berisi sembilan lagu ini sudah rilis pada 20 September 2014. Album ini sudah dapat di-download di iTunes atau bisa juga di-download per lagu sesuai dengan kebutuhan dan selera pendengarnya. Dan rencananya CD album Feel Good Collective ini rilis Oktober ini. « [teks @chrissjee | foto @bagusdimsum]

SHARE