Kontrol Tayangan Televisi untuk Anak

0
151
Kontrol tayangan anak
Kontrol tayangan anak

Tip untuk orangtua mengontrol tayangan televisi

kontrol tayangan anak

Di Indonesia, hampir setiap rumah memiliki televisi. Bagi masyarakat, tayangan televisi merupakan sarana hiburan gratis. Namun begitu, dengan banyaknya program televisi, kita diharuskan pintar memilah mana tayangan yang baik dan mana yang tidak. Apalagi jika anak Anda termasuk yang gemar menonton televisi.

Menurut Psikolog Anak Vera Itabiliana, bila si anak terlalu banyak menonton televisi akan dapat memengaruhi daya konsentrasi anak. Menonton televisi lebih dari empat jam sehari juga cenderung membuat anak mengalami obesitas. Gara-gara televisi, anak juga bisa menjadi konsumtif.

Namun begitu, bukan berarti kita sebagai orangtua melarang penuh anak menikmati tayangan televisi. Anda sebagai orangtua hanya perlu mengawasi dan mengontrol waktu serta tayangan yang baik untuk anak. Bagaimana caranya? Berikut tipnya:

» Pilih acara yang sesuai dengan usia anak
Jangan biarkan anak-anak menonton acara yang tidak sesuai umurnya. Perhatikan apakah acara tersebut ada unsur kekerasan atau unsur dewasanya. Biasanya di beberapa program televisi ada keterangan apakah itu program untuk anak atau dewasa.

» Dampingi anak menonton televisi
Ini cara yang paling efektif dan efisien dalam mengontrol tontonan anak. Tetapi jika orang tua bekerja sebisa mungkin jangan diizinkan menyalakan televisi sebelum orang tuanya pulang kerja.

» Jangan menyediakan televisi di kamar anak
Usahakan menyediakan televisi cukup di ruang tengah saja karena akan mempermudah orangtua dalam mengawasi tontonan anak

» Buat kesepakatan jadwal nonton televisi
Buatlah kesepakatan bersama anak dalam mengatur jadwal nonton televisi. Dalam membuat kesepakatan hargai pendapat anak tapi jangan mengalah dengan kemauan anak. Beri tahu anak bahwa membatasi menonton televisi dapat berpengaruh terhadap kesehatan. Jika sehat, maka anak dapat beraktivitas dengan bebas

» Cari kegiatan lain selain menonton televisi
Weekend adalah hari di mana berkumpulnya keluarga terutama untuk orang tua yang bekerja. Karena biasanya mereka tidak bisa menghabiskan waktu yang banyak untuk anak. Jadi pada weekend cari lah kegiatan bersama seperti bertamasya, pergi ke taman, atau olahraga bersama.

Semoga tipnya bermanfaat ya G-Readers! «[teks @fakhranarana | foto shutterstock.com ]

SHARE