3 Nafas Likas, Biopic Likas Tarigan

0
296

Kisah wanita tegar penuh impian asal Sibolangit.

3 Nafas Likas

Jeep menderu menembus jalanan berdebu, menuju suatu rumah yang dilingkari taman sejuk. Hilda turun dari Jeep itu, mencari sang empunya rumah Likas di pagi hari yang wangi semerbak.

Itulah permulaan film “3 Nafas Likas” besutan sutradara Rako Prijanto yang dibintangi Atiqah Hasiholan [Likas Tarigan] dan Vino G. Bastian [Djamin Gintings]. Sebuah film tentang perjalanan hidup seorang wanita asal Sibolangit, Deli Serdang, Sumatera Utara.

Dari pertemuan Hilda dan Likas di pagi itu, terjadilah flash back cerita Likas kecil yang gemar bermain gundu dan bercita-cita menjadi guru. “Enak betul kalau jadi guru itu. Punya ilmu, punya uang, punya murid yang bisa disuruh-suruh. Aku mau jadi guru Pa,” tutur Likas kecil dalam salah satu adegan di awal film ini.

Sang ibu yang merindukan Likas selalu, sempat membuat langkah citanya ragu. Tapi Likas diyakini ayah dan dibantu kakaknya Njohre untuk mengejar mimpinya itu.

Pertemuan dengan suaminya kelak, Djamin Gintings diawali dari organisasi kepemudaan. Jodoh sepertinya, Djamin menjadi tetangga baru Likas. Usaha keras Djamin merebut hati Likas lewat kata-kata manis dalam surat beramplop putih, akhirnya meruntuhkan tembok cinta Likas. Tapi, tentangan datang dari keluarga saat mereka setuju untuk menjadi sepasang suami istri.

[Lihat kegigihan Vino sebagai Djamin untuk mendapatkan Likas, lucu dan seru]

Akhirnya cinta itu berbuah anak pertama Riemenda J. Gintings. Namun cobaan belum berakhir. Mereka harus berjuang keras untuk mendapatkan kebahagiannya.

[Suasana perang jelang kemerdekaan dan setelahnya, digambarkan dengan baik. Efek ledakan dan pesawat tempur penjajah, serta wardrobe -nya mewakili era itu]

Seterusnya jelang akhir film ini, suara Tulus lewat “Lekas” semakin menambah efek drama dari film biopic ini. Kegigihan dan kebersamaan Likas dan Djamin dalam mengarungi hidup demi keluarga dan Indonesia, dapat menjadi inspirasi dan kisah yang dapat dibagikan kepada siapa saja. Pada akhir cerita, Likas menjelaskan arti dari 3 nafasnya.

3 Nafas Likas bisa Anda saksikan mulai 16 Oktober 2014 di seluruh bioskop di Indonesia.

Ini dia trailernya.

Cast & Crew

Rako Prijanto [Sutradara]
Titien Wattimena [script writter]

Atiqah Hasiholan [Likas]
Vino G Bastian [Djamin Gintings]
Tutie Kirana [Likas tua]
Jajang C. Noer [Ibunda Likas]
Marissa Anita [Hilda]
Mario Irwinsyah [Mulia]
Arswendi Nasution [ayah Likas, Ngantari Tarigan]
Ernest Samudra [kakak Likas, Njohre]
Tissa Biani Azzahra [Likas kecil]

Produksi  Oreima Films
Bahasa  Indonesia dan Karo
Durasi  107 menit

« [teks @bartno | foto 3 Nafas Likas]

SHARE