Batik atau Hanya Motif Batik?

0
323
Kegiatan membatik

Motif batik yang kita pakai, belum tentu batik tulis lho!

IMG_0117

Pada 2 Oktober lalu, Indonesia memperingati Hari Batik Nasional. Sebagai bentuk rasa cinta pada batik, banyak orang mengenakan batik di hari tersebut. Tapi, apakah yang Anda atau mereka kenakan adalah benar-benar pakaian yang terbuat dari kain batik? Atau hanya sekadar bermotif batik.

Ghiboo mendapat kesempatan untuk bertemu dengan teman-teman Putra Putri Batik Nusantara 2014. Mereka baru saja terpilih sebagai pemenang dalam kontes tersebut dan dinobatkan sebagai duta batik pada 28 September 2014.

Kini, mereka sebagai putra putri terpilih mengemban tugas untuk membantu melestarikan batik dan memiliki tugas sebagai generasi penyambung yang mengetahui tentang kekayaan batik di Indonesia. Dalam kesempatan ngobrol santai tersebut, kelima tamu ini sedikit berbagi tip untuk mengetahui pakaian mana yang terbuat dari batik asli dan pakaian yang hanya memiliki motif batik.

G-Readers pastinya tahu, saat ini sudah banyak sekali motif batik yang dijual di pasaran. Bahkan ada baju batik yang coraknya digabungkan dengan logo-logo klub bola ternama dunia. Nah, menurut putra putri batik yang sudah terpilih ini, pada dasarnya kita harus mengetahui apa definisi dari kain batik itu sendiri.

Menurut Nina Jane Bustan, pemenang pertama Putri Batik Nusantara, kain batik adalah kain yang dilukis atau digambar menggunakan canting, dengan bahan malam, dibuat langsung menggunakan tangan. Sehingga, bila ada kain bercorak batik, namun tidak dibuat menggunakan canting, kain tersebut sudah dikategorikan sebagai kain batik printing.

Dalam hal ini saja, sudah jelas terdapat perbedaan yang sangat signifikan ya? Lalu, Garuda Cakti Viratama, sebagai pemenang pertama Putra Batik Nusantara 2014, menambahkan, bila dari pembuatannya saja sudah berbeda, maka dari harganya pun sudah jelas berbeda. ”Dari harga saja, kalau kain itu batik yang dibuat dengan mencanting, harganya pasti akan jauh lebih mahal,” ujarnya menjelaskan.

Dari penjelasan di atas saja, sekarang kita sudah mengetahui dua perbedaan kain batik dan kain yang hanya bermotif batik. Kalau dari penjelasan kedua, yaitu harga, pastinya akan membuat kita bertanya-tanya. Mengapa ya batik tulis asli harus bernilai lebih tinggi? Adrianus Sandy, pemenang Putra Batik Nusantara 2014 lainnya menambahkan, bahwa selain karena prosesnya yang rumit, lamanya pengerjaan satu kain batik juga akan mempengaruhi harga jualnya.

Lalu, kira-kira bagaimana ya cara kita bisa membedakan mana batik tulis asli dan batik printing? Berikut tiga tip yang diberikan Putra Putri Batik Nusantara 2014 untuk membedakan kain batik tulis dan yang bukan kain batik tulis.

Pertama, terletak pada kerapihan motif. Karena membuat pola pada batik menggunakan canting dan langsung dibuat dengan tangan manusia, maka hasilnya tidak akan terlihat rapih sempurna. ”Garisnya akan terlihat tidak konsisten. Kalau terlihat rapih dan rata banget, berarti batik printing,” ujar Jane.

Kedua, lihat pola yang berulang. ”Gampang banget untuk melihat perbedaan batik tulis dan printing. Jika motifnya berulang, berarti batik printing,” ujar Cindy Herin, salah seorang pemenang Putri Batik Nusantara 2014 yang juga ikut dalam wawancara bersama tim Ghiboo. Karena itu, ia menambahkan, jika menggunakan batik tulis itu sangatlah eksklusif. Tak ada batik yang akan terlihat sama persis meski satu jenis corak.

Setiap hasil cantingan akan memiliki ciri khasnya masing-masing, Tebal tipisnya garis akan berbeda tergantung pada tangan yang menggambarnya. Tak seperti batik printing yang sudah didesain sedemikian rupa agar terlihat rapih

Dan terakhir, lihat bagian dalam kain. Mungkin sebagian dari Anda tidak menyadari hal ini. Padahal ini adalah hal paling mudah untuk dilihat. Balik lah pakaian batik Anda. Jika bagian dalam kain batik Anda terlihat putih, sudah pasti pakaian Anda hanyalah batik printing. Tapi jika bagian dalamnya juga bermotif seperti bagian luar, atau bolak-balik, maka pakaian tersebut terbuat dari kain batik tulis.

Setelah mengetahui perbedaan kain batik tulis dan printing, apakah Anda berniat untuk mulai membeli batik tulis asli? Pastinya harus ya. Karena selain sebagai bentuk melestarikan kebudayan Indonesia, membeli batik tulis asli juga akan membantu meningkatkan taraf hidup para pembantik di daerah-daerah di Indonesia. « [teks @nandiyanti | foto @mirzablue | kover @bayuherdianto88]

SHARE