Makna Mantan Terindah bagi Yovie Widianto

0
560

Yovie Widianto tak infiltrasi penggarapan film Mantan Terindah

yovie WidiantoDitemui saat press conference film Mantan Terindah di kawasan Kemang, Jakarta, Yovie Widianto mengaku sama sekali tidak menginfiltrasi proses penggarapan film itu. Hasil transformasi lirik “Mantan Terindah” menjadi suguhan visual, murni hasil kerja sama tim Marcella Zalianty dan Berlian Entertaiment. 

Menurutnya, lirik yang ia buat sudah mewakili pengalaman pribadi banyak orang. Jadi terserah bagaimana masing-masing individu menafsirkan arti mantan. Maka itu Yovie Widianto tidak ambil pusing untuk segi cerita.

Kompatriotnya di Kahitna, Heddy Yunus ikut berakting dalam film gubahan ini. Sementara dia menolak. “Kalau saya ikutan main, nanti film yang harusnya sudah bagus jadi jelek lagi. Gimana dong? Saya cukup main piano saja,” terangnya sambil tertawa.

Konsep visualisasi Mantan Terindah, sudah dibicarakan sedari tiga tahun lalu, tuturnya. Tapi baru kali ini terwujud. Itu pin telah beralih, dari konsep live scoring -menonton film dengan layar besar, tapi scoring musik dimainkan secara langsung olehnya di Gelora Bung Karno- menjadi film pada umumnya yang diputar di bioskop.

Sementara bagi Yovie Widianto sendiri arti mantan punya cakupan luas —bukan cuma pacar saja. Tapi kata itu ialah sesuatu yang memberi motivasi. Bagaimana seseorang memperlakukan masa lalu untuk sekadar dikenang. Serta menjadi acuan bagi masa depan.

“Bagaimana kita melakukan sesuatu untuk masa depan, itu fungsi mantan. Jadi, mantan itu untuk masa depan sebenarnya,” terang komposer ini

Pria yang menciptakan lagu “Mantan Terindah” ini pun bertutur jika lirik yang ia buat sesungguhnya bukan mengenai kegalauan. Tapi bercerita agar seseorang bisa move on kenangan dari masa lalu. «[teks[email protected] | foto dok pribadi]

SHARE